Satgas Pamtas

Jelang Tahun Baru, Satgas Yonif RK 744 Perketat Pemeriksaan di Perbatasan RI-RDTL

Dibaca: 89 Oleh 28 Des 2020Tidak ada komentar
Jelang Tahun Baru, Satgas Yonif RK 744 Perketat Pemeriksaan di Perbatasan RI-RDTL
#TNIAD, #TNIADMengabdiDanMembangunBersamaRakyat

JAKARTA, tniad.mil.id – Pastikan keamanan dan ketertiban terjaga dengan baik jelang Tahun Baru 2021, Satgas Pamtas Yonif Raider Khusus 744/SYB menurunkan personelnya untuk memperketat pemeriksaan wilayah di sepanjang jalur perbatasan antara RI-RDTL.

Hal ini disampaikan Dansatgas Yonif RK 744/SYB Letkol Alfat Denny Andrian, dalam rilis tertulisnya di Kabupaten Belu, Nusa Tenggara Timur, Senin (28/12/2020).

Diungkapkan Dansatgas, seperti yang dilakukan personel Pos Asumanu Satgas Yonif RK 744/SYB menggelar sweeping di jalan Desa Asumanu yang merupakan akses jalan perbatasan RI-RDTL pada Minggu (27/12/2020).

“Pemeriksaan terus dilakukan secara rutin hingga awal tahun 2021 nanti, di mana pengecekan harus dilakukan secara teliti untuk memastikan kendaraan yang melintasi wilayah perbatasan tidak membawa barang ilegal yang dapat merugikan negara,” ujarnya.

Lebih lanjut dikatakan Dansatgas, sweeping dilakukan dengan tujuan untuk mengantisipasi terjadinya aktivitas penyelundupan barang ilegal yang keluar masuk NKRI, karena perbatasan merupakan wilayah yang sangat rawan terjadinya arus transaksi gelap barang ilegal.

“Pada pemeriksaan kali ini, personel Pos Asumanu yakni Pratu Renly beserta beberapa personel melakukan pengecekan kendaraan yang meliputi identitas pengendara, kelengkapan surat, dan juga barang bawaan ataupun barang yang diangkut,” jelasnya.

 

Jelang Tahun Baru, Satgas Yonif RK 744 Perketat Pemeriksaan di Perbatasan RI-RDTL

“Personel Satgas harus memastikan bahwa semuanya tidak ada hal yang mencurigakan. Jika di dalam kendaraan tersebut tidak ditemukan barang mencurigakan maka akan dipersilahkan untuk melanjutkan perjalanannya,” papar Alfat Denny Andrian.

Di tempat terpisah, Danpos Asumanu Lettu Inf Ida Ketut Kemenuh menambahkan, pemeriksaan ini dilakukan untuk memastikan keamanan dan ketertiban wilayah perbatasan RI-DRTL tetap kondusif menjelang pergantian tahun.

“Selain itu, kita mencegah tidak terjadi aktivitas terlarang khususnya di wilayah perbatasan RI-RDTL, terlebih di akhir tahun 2020 dan awal tahun 2021, yang tentunya akan banyak arus kendaraan yang keluar masuk, sehingga perlu adanya pemeriksaan secara ketat,” tuturnya.

Pihaknya berharap, dengan pemeriksaan dan sweeping yang dilakukan oleh personel Satgas Pamtas RI-RDTL Yonif RK 744/SYB ini, semata-mata untuk memberikan kenyamanan terhadap masyarakat dalam menyambut Tahun Baru 2021. (Dispenad)

Terkait

Kirim Tanggapan

Made with passion by Vicky Ezra Imanuel