Kodam IV/Diponegoro

Keinginan Anggota Pos Yakyu Terjawab

Dibaca: 43 Oleh 04 Feb 2017Januari 22nd, 2018Tidak ada komentar
#TNIAD, #TNIADMengabdiDanMembangunBersamaRakyat

Satgas Pamtas RI PNG Yonif 407/Padmakusuma yang bertugas di sepanjang garis perbatasan RI-PNG di wilayah Kabupaten Merauke dengan menggelar 17 Pos Pengamanan Perbatasan dari Makadi sampai dengan Kondo, satu di antaranya adalah Pos Yakyu yang terletak di dusun Yakyu, Distrik Sota, Kabupaten Merauke.

Dusun Yakyu merupakan daerah yang masih cukup sulit untuk dijangkau, terisolir, terpisah dengan daerah lainnya dan secara langsung berdekatan dengan garis perbatasan RI-PNG. Untuk menuju ke dusun Yakyu menyeberangi rawa sekitar 3 jam dengan menggunakan perahu ketinting. Kehadiran Satgas Pamtas RI-PNG Yonif 407/Padmakusuma di Pos Yakyu juga menegaskan bahwa Yakyu merupakan wilayah NKRI yang harus dijaga dan dilindungi agar masyarakat kampung Yakyu merasa damai dan aman.

Masyarakat kampung Yakyu adalah masyarakat yang ramah dan sangat menjaga kerukunan hidup dalam kasih, rajin beribadah, rajin bercocok tanam dan selalu menjaga semangat gotong-royong. Kampung Yakyu juga merupakan kampung di wilayah distrik Sota yang dikenal karena kebersihannya, kebiasaan masyarakat kampung Yakyu sejak bangun pagi hari sudah melaksanakan pembersihan di lingkungan pekarangan rumah masing-masing.

Baca juga:  Alami Luka dan Sakit, 3 Warga Papua Diobati Satgas Yonif 509

Sudah sekitar delapan bulan lamanya anggota Pos Yakyu hidup di tengah-tengah masyarakat kampung Yakyu, membiasakan diri untuk selalu terlibat dalam membantu masyarakat mengatasi kesulitan warga termasuk di bidang kesehatan dan dalam berbagai kegiatan masyarakat kampung Yakyu untuk memajukan kampung Yakyu agar setara dengan kampung-kampung yang lain di distrik Sota.

Anggota Pos Yakyu sekian lama memendam keinginan untuk membahagiakan warga masyarakat Yakyu, akhirnya terjawab dengan datangnya kiriman 2 (dua) karung besar pakaian baik dan layak pakai berbagai ukuran dari Yayasan Terang Bangsa Semarang, Jawa Tengah. Senyum sukacita begitu jelas terpancar dari masyarakat kampung Yakyu setelah Danpos Yakyu, Lettu Inf Sukirno dan anggotanya membagikan pakaian-pakaian tersebut ke masyarakat kampung Yakyu.

Yayasan Terang Bangsa adalah sebuah yayasan sosial di Semarang, Jawa Tengah yang sudah banyak membantu dan berkontribusi kepada Satgas Pamtas RI-PNG Yonif 407/Padmakusuma mulai dari pembekalan berbagai ketrampilan hingga pemberian pembekalan ketrampilan sebagai pembantu tenaga pengajar di perbatasan agar apa yang diajarkan di sekolah mudah dipahami siswa. Selain itu Yayasan Terang Bangsa ternyata juga yayasan yang juga peduli kepada masyarakat Papua.

Baca juga:  Satgas Pamtas RI-PNG Temukan Ladang Ganja

Terkait

Kirim Tanggapan

Made with passion by Vicky Ezra Imanuel