Kodam II/Sriwijaya

Kepala Staf Korem  043/Gatam Membuka Secara Resmi Latihan Posko-I Kodim 0411/Lampung Tengah Ta. 2014.

Dibaca: 61 Oleh 04 Jun 2014Tidak ada komentar
#TNIAD, #TNIADMengabdiDanMembangunBersamaRakyat

Kepala Staf Korem 043/Gatam, Letkol Arm SDM Tampubolon selaku IRUP sekaligus membuka secara resmi Penyelenggaran Latihan Posko I Kodim 0411/Lampung Tengah pada Upacara Pembukaan yang dilaksanakan pada hari Selasa, tanggal 03 Juni 2014, pukul 08.00 WIB bertempat  di Lapangan Upacara Kodim 0411/Lampung Tengah.

Turut hadir pada Upacara Pembukaan, dari  Unsur Pejabat  dari Pemerintah Daerah Kota Metro,  Unsur dari Polresta Metro, Para Dandim yang terlibat latihan, Para Kasi Korem 043/Gatam yang terlibat latihan, Kapenrem 043/Gatam, Unsur dari Satpol PP  Kota Metro, Pramuka dan  Para Pelajar  dan  Penyelenggara  serta peserta Latihan Posko– I.

Dalam amanat, Komandan Korem 043/Gatam yang dibacakan oleh Kepala Staf Korem 043/Gatam, disampaikan bahwa Latihan Posko-I Kodim 0411/Lampung Tengah merupakan suatu latihan taktis  tanpa  pasukan dimana bertujuan memelihara  dan  meningkatkan kemampuan prosedur hubungan Komandan dan Staf dalam merencanakan dan mempersiapkan serta melaksanakan suatu Operasi dan Komando  Pengendalian Operasi.

Adapun sasaran yang ingin dicapai salah satunya adalah Komando dan Staf mampu dalam hal koordinasi, kerjasama  dan  keterpaduan pada proses perencanaan, persiapan  dan pelaksanaan suatu operasi, pada latihan ini bentuk operasi berupa pemberian bantuan kepada Pemerintah Daerah dalam penanggulangan bencana alam.

Dengan  demikian  dalam  latihan ini akan dielaborasi aspek Komando dan  pengendalian  serta  prosedur bantuan administrasi,  sebagai  bagian  dari   kinerja    satuan  yang    lebih   besar,   yang  terkait  dengan  aspek pembinaan   ketahanan  wilayah. Mengingat  waktu  pelaksanaan latihan posko    yang    relatif    singkat   dan   hanya   berlangsung   selama   tiga hari, Danrem berharap agar latihan ini  dapat dilaksanakan dengan penuh kesungguhan  hati,  disiplin  dan keseriusan, sehingga  akan  diperoleh  hasil  latihan yang optimal.

Selanjutnya, amanat Danrem menyampaikan agar latihan ini dapat terselenggara mendekati dengan situasi yang  sesungguhnya, maka  ditetapkan  tema  latihan yaitu : “Kodim Melaksanakan Operasi Bantuan Kepada Pemerintah Daerah Dalam Rangka Mengatasi Bencana Alam Dalam Pola  Operasi   Militer  Selain  Perang”.  Tema ini sangat relevan, mengingat kondisi geografi di wilayah  Kodim  0411/Lampung Tengah  yang  setiap musim  penghujan  sangat  rentan terhadap  bencana  bahaya banjir dan sewaktu-  waktu   bencana  tersebut  dapat  terjadi. Upacara berjalan tertib dan lancar.

Kirim Tanggapan

Made with passion by Vicky Ezra Imanuel