Skip to main content
Kodam I/Bukit Barisan

Kodam I/BB Gelar Mekuatan Personel dan Materiel di Lokasi Bencana Gempa Taput

Dibaca: 77 Oleh 01 Okt 2022Tidak ada komentar
Kodam I/BB Gelar Mekuatan Personel dan Materiel di Lokasi Bencana Gempa Taput
#TNIAD, #TNIADMengabdiDanMembangunBersamaRakyat

JAKARTA, tniad.mil.id – Kodam I/BB sudah menggelar kekuatan personell dan materiel yang dimiliki untuk membantu penanganan pasca gempa 6 SR yang melanda wilayah Kabupaten Tapanuli Utara, Sumatera Utara, Sabtu (1/10/2022).

Hal ini disampaikan Pangdam I/BB, Mayjen TNI Achmad Daniel Chardin, S.E, M.Si, usai mengikuti Upacara Hari Kesaktian Pancasila di Simalungun.

“Kita sudah kerahkan personel dan materiel untuk perbantuan di lokasi bencana. Mudah-mudahan penanganan pasca bencana akan lebih maksimal, sehingga bisa mempercepat pemulihan trauma warga masyarakat yang terdampak,” jelas Pangdam.

Adapun personil dam materil yang telah tergelar itu, terdiri dari personel Kipan A Yonif 123 dengan kekuatan 15 orang di Koramil Pahae Jae, personel Kodim 0210/TU berkekuatan 20 orang di RSUD Tarutung dan Tim Kes Denkesyah Sibolga berkekuatan 3 Tim (15 orang) yang dipimpin langsung Dandenkesyah Sibolga, Letkol Ckm (K) Dame Hutabarat, S.kep, Ns, K.Kes.

Sementara itu, Kapendam I/BB mengatakan, selain personel juga sudah tergelar sejumlah materiel di sekitar lokasi bencana berupa tenda lapangan, velbed, mobil ambulans sebanyak 2 unit, tabung oksigen sebanyak 3 uni, obat-obatan, serta tandu sebanyak 3 unit.

Di luar itu, lanjut Kapendam I/BB, juga disiapkan sejumlah personel yang standby on call yang siap diterjunkan ke lokasi bencana dari Makorem 023/KS dengan komposisi 1 SSK (75 personel), 2 truk dan 1 bus, Kodim 0210/ TU dengan komposisi 2 SSR (20 orang), Makoyonif 123/RW dengan komposisi 2 SST (50 personel), 2 tenda lapangan, velbed 65 unit, dan kursi lapangan 20 unit.

Dari satuan Yonif 122/TS dengan komposisi 1 SSK (75 personel), 2 truk, dan alkap perorangan, Yonzipur 1/DD dengan komposisi dozer D6 satu unit, grader 511 satu unit, vibro roller satu unit, dan backhoe loader satu unit, dan Denbekang Sibolga dengan komposisi satu tim dapur lapangan dengan kekuatan 10 personel.

“Pengerahan seluruh personel dan materiel dari satuan yang standby on call ini siap digerakan kapanpun melalui koordinasi dengan Korem 023/KS,” ucap Kolonel Rico. (Dispenad)

Kirim Tanggapan