Kodam I/Bukit Barisan

Kodam I/BB Peringatl Tahun Baru Islam 1 Muharram 1437 Hijriyah

Dibaca: 54 Oleh 04 Nov 2015Tidak ada komentar
#TNIAD, #TNIADMengabdiDanMembangunBersamaRakyat

Pangdam I/BB Mayjen TNI Lodewyk Pusung diwakili Kabintaldam l/BB Kolonel Caj Drs. Muftil Umam Pimpin Acara Peringatan Tahun Baru Islam 1 Muharram 1437 Hijriyah di Masjid At Taqwa Makodam I/BB Jalan Gatot Subroto Km 7,5 Medan, Rabu (4/11).

Dalam sambutannya Pangdam I/BB Mayjen TNI Lodewyk Pusung yang dibacakan Kabintaldam l/BB Kolonel Caj Drs. Muftil Umam mengatakan peringatan Tahun Baru Islam yang diselenggarakan bukanlah sekedar kegiatan seremonial semata akan tetapi untuk menggali hikmah yang terkandung di dalamnya, sebagai makna yang strategis bagi kehidupan umat islam termasuk kehidupan sebagai prajurit. Hijriyah berhubungan erat dengan Al Wala’ Wal Bara’ yaitu loyalitas dan kecintaan sebagai manifestasi yang paling penting dalam kehidupan prajurit, penting karena menyangkut ketepatan sikap prajurit dalam memberikan rasa kesetiaan dan pembelaan terhadap tetap tegaknya kedaulatan NKRI. Disamping itu juga menyangkut ketepatan prajurit dalam memutus hubungan atau ikatan hati dengan perilaku yang bertentangan dengan norma-norma hukum yang berlaku. Salah satu contoh, prajurit yang cinta terhadap narkoba, dengan hijrah akan memutus hubungan cintanya dengan narkoba, tidak lagi menggunakan atau mengedarkan narkoba. Semangat hijrah adalah semangat penegasan loyalitas, kesetiaan dan keimanan yang berujung menuju kepada yang lebih baik atas ridho Allah SWT. Sebagaimana tema pada acara peringatan Tahun Baru Islam yaitu: ”Jadikan peringatan Tahun baru Hijriah 1437 Hijriah/ 2015 Masehi sebagai momentum peringatan mental prajurit TNI dalam pelaksanaan tugas pokok TNI menjaga keutuhan NKRI”. Sehubungan dengan tema pada peringatan tahun baru islam adalah menjaga konsistensi nilai-nilai moral dalam kehidupan prajurit, penegasan atas kecintaan dan kesetiaan serta ketaatan dengan peningkatan etos kerja dalam mendukung pelaksanaan tugas pokok. Sehingga Agama benar-benar berfungsi untuk menjadikan umatnya proaktif dan kreatif guna mengoptimalkan produktifitas kerja, maka setiap prajurit dan PNS Kodam I/BB harus memiliki semangat bekerja yang dilandasi oleh keimanan dan ketaqwaan yang kuat, sehingga bisa melaksanakan tugas secara proporsional dan profesional. Selanjutnya Pangdam I/BB mengajak kepada seluruh Prajurit dan PNS untuk menjadikan peringatan Tahun Baru Islam 1437 Hijriah ini sebagai momentum untuk mengintrospeksi diri agar bisa lebih baik lagi dimasa yang akan datang.

Diakhir sambutannya Pangdam I/BB yang dibacakan Kabintaldam I/BB menyampaikan rasa bangga dan terima kasih yang tulus kepada Ketua Harian Majelis Dzikir Azzira Sumut H. Irwanto Al Arrasyid, S.PDi, MA, yang telah menyampaikan uraian hikmah peringatan Tahun baru Islam 1437 Hijriyah.

Dalam tausiyahnya Al Ustadz H. Irwanto Al Arrasyid, S.PDi, MA menjelaskan Makna Hijriyah ini adalah bagaimana menjadi sebuah perubahan yang lebih baik menuju keikhlasan, kesabaran, kejujuran dan kerja keras dengan mengharapkan keberkahan dari Allah SWT, bulan Muharram, adalah termasuk salah satu dari 4 bulan yang di muliakan oleh Allah SWT. Sebagaimana yang telah di firmankan oleh Allah dalam Kitab-Nya yang mulia, Al Qur’an Al Karim. Kemuliaan bulan Muharram adalah karena dalam bulan itu terdapat hari Asyuro’ (10 Muharram), dimana pada hari itu banyak sekali keutaman-keutamaan yang jika kita mau beramal soleh, tentu akan kita peroleh Rahmat dari Allah.

Terkait

Kirim Tanggapan

Made with passion by Vicky Ezra Imanuel