Kodam III/Siliwangi

Kodam III/Siliwangi Gelar Sholat Iedul Adha Di Makodam

Dibaca: 732 Oleh 06 Okt 2014Tidak ada komentar
#TNIAD, #TNIADMengabdiDanMembangunBersamaRakyat

Pangdam III/Siliwangi Mayjen TNI Dedi Kusnadi Thamim, Kasdam III/Siliwangi Brigjen TNI Suyatno masing-masing beserta isteri berasama dengan warga masyarakat melaksanakan Sholat Idul Adha di lapangan Upacara Makodam III/Siliwangi Jalan Aceh 69 Bandung, Minggu (5/10).

Pelaksanaan Sholat Idul Adha 1435 H/ 2014 M yang dilaksanakan di Makodam III/Siliwangi dihadiri pula oleh para Asisten dan Kabalak Jajaran Kodam III/Siliwangi serta sedikitnya 2.000 orang jamaah terdiri dari anggota dan keluarga besar Kodam III/Siliwangi serta warga masyarakat di sekitar Makodam III/Siliwangi. Bertindak sebagai Imam/khatib KH. Zaenal Mukarom. M.M, M.Si, dosen UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

Tema Idul Adha 1435 H/2014 M adalah “Dengan hikmah Iedul Kurban Kita Mantapkan Kebersamaan Prajurit TNI dengan rakyat guna memperkokoh persatuan dan Kesatuan”.

Dalam ceramahnya Zaenal Mukarom. M.M, M.Si, menguraikan hikmah dibalik rangkaian peristiwa pengorbanan paling besar sepanjang sejarah yang dilakukan oleh Nabi Ibrahim bersama keluarganya. Dijelaskannya bahwa salah satu hikmah dengan adanya penyembelihan hewan-hewan Qurban dalam jumlah yang besar secara masal memberikan makna manusia harus dapat menghilangkan sifat-sifat hewani yang ada dalam diri masing-masing.

Lebih lanjut dikatakan terdapat tiga hikmah kurban pertama kesanggupan dan kemampuan seorang muslim dalam menghadapi ujian keimanan, kedua sebagai simbolis atas penyembelihan sifat-sifat hewanian dan terakhir sebagai bentuk kasih sayang Allah atas ketaatan hambanya.

Selain itu, berbagai ujian yang menimpa seperti dialami Nabi Ibrahim dan keluarganya, bila kita taat dan selalu berserah diri kepada Alloh Swt akan bias dilalui dengan baik. “Kebahagian seorang mukmin adalah dapat melaksanakan perintah Allah meskipun berat, tetapi dia tetap tegar untuk melaksanakannya,” jelasnya.

Seusai melaksanakan Sholat Idul Adha, Pangdam bermusofaha dan bersalaman dengan anggota beserta masyarakat yang melaksanakan Sholat Ied, dilanjutkan kemudian bersama dengan Kasdam menyerahkan Hewan Qurban kepada panitia dan sekaligus turut menyaksikan pemotongan hewan Qurban yang dititipkan kepada Bintaldam III/Siliwangi.

Untuk Tahun ini, jumlah hewan Qurban yang dititipkan melalui Masjid Al-Ikhlas Kodam III/Siliwangi sebanyak 26 ekor terdiri dari 9 ekor Sapi masing-masing dari Pangdam III/Siliwangi, Gubernur Jabar H. Ahmad Heryawan, Aster dan Asops Kasdam III/Siliwangi, Kolonel Inf Edi Sutrisno, serta 17 ekor kambing masing-masing dari Pangdam III/Siliwangi, Kasdam III/Siliwangi, Kabintaldam III/Siliwangi, Anggota Minvetcaddam III/Siliwangi, Hotel Hiyatt dan ibu Lilis. Semua hewan titipan qurban tersebut akan dibagikan kepada masyarakat di sekitar kompleks Makodam III/Siliwangi serta Yayasan dan Panti Asuhan Yatim Piatu.(Pendam III/Siliwangi).

Kirim Tanggapan

Made with passion by Vicky Ezra Imanuel