Kodam II/Sriwijaya

KODAM II/SWJ TERIMA KAPAL MOTOR CEPAT KOMANDO

Dibaca: 994 Oleh 30 Okt 2014Tidak ada komentar
#TNIAD, #TNIADMengabdiDanMembangunBersamaRakyat

Keberadaan Alutsista Kodam II/Swj ditambah dan diperkuat. Rabu, (29/10/2014) Kodam II/Swj, menerima 1 unit Kapal Motor Cepat (KMC) Komando dari Markas Besar TNI Angkatan Darat yang diserahkan oleh Dirbekangad Brigjen TNI Drs. Pasenga Kalilah dan diterima langsung oleh Pangdam II/Swj Mayjen TNI Bambang Budi Waluyo, bertempat di Markas Bekangdam II/Swj, Sekanak Palembang. Acara penyerahan KMC, selain ditandai dengan penandatanganan naskah serah terima, juga diwarnai dengan penyerahan miniatur dan foto KMC Komando oleh Dirbekangad kepada Pangdam.

Pangdam II/Swj dalam kesempatan tersebut mengungkapkan bahwa penyerahan KMC Komando ini menandai adanya komitmen yang kuat dan kesungguhan Pimpinan TNI Angkatan Darat untuk memenuhi dan melengkapi sarana prasarana pendukung tugas pokok Kodam II/Swj.

Dijelaskan bahwa KMC Komando ini merupakan kebanggaan Kodam II/Swj, apalagi wilayah Kodam II/Swj banyak dikelilingi sungai-sungai, jadi keberadaan KMC Komando yang mempunyai kecepatan 35 knot dan dapat menampung 36 penumpang ini sangatlah penting guna melaksanakan tugas-tugas pokok Kodam II/Swj. Kapal ini juga mampu digunakan untuk pendaratan pasukan di pantai serta mampu berlayar terus menerus sejauh 250 Nautical Mile, ujarnya.

Pangdam II/Swj juga menjelaskan bahwa Kapal Motor Cepat Komando ini merupakan hasil karya anak negeri yang lahir melalui tenaga ahli dan tangan-tangan terampil yang terdiri dari para Perwira Direktorat Pembekalan dan Angkutan TNI AD yang bekerja sama dengan tenaga ahli dari Institut Teknologi Surabaya (ITS) dan tenaga pelaksana pembangunan dari PT. Tesco Indomaritim. Untuk itu, Pangdam mengingatkan kepada kepada jajaran Bekangdam II/Swj, untuk dapat mengawaki, memelihara, merawat dan menggunakannya dengan baik, benar dan memiliki rasa tanggung jawab yang tinggi (Sense of Belonging).

Sementara itu, Dirbekangad Brigjen TNI Drs. Pasenga Kalilah dalam sambutannya menyatakan bahwa KMC yang diserahkan kepada Kodam II/Swj telah dilakukan uji coba kelaikan untuk menjamin terpenuhinya kualitas. Menurutnya, KMC ini menggunakan tenaga dorong dan system water jet, oleh karena itu satuan yang menggunakan harus merawat dan memelihara dengan sebaik-baiknya.

Pada kesempatan tersebut Pangdam II/Swj bersama Dirbekangad, Kasdam II/Swj, para pejabat Kodam II/Swj dan tamu undangan termasuk para wartawan berkesempatan menaiki dan mencoba kecanggihan, kecepatan dan kenyamanan KMC Komando dari Pelabuhan Sekanak, Palembang menyusuri Sungai Musi menuju Pulau Kemaro pulang pergi.

Hadir pada acara tersebut Kasdam II/Swj Brigjen TNI Toto S Moerasad S.Ip., M.M, Direktur PT. Tesko Indomaritim Jamin Basuki, para Asisten Kasdam II/Swj dan Para Kabalakdam II/Swj.

Kirim Tanggapan

Made with passion by Vicky Ezra Imanuel