Kodam I/Bukit Barisan

Kodim 0307/Tanah Datar Panen Raya

Dibaca: 72 Oleh 10 Sep 2015Tidak ada komentar
#TNIAD, #TNIADMengabdiDanMembangunBersamaRakyat

Pelaksana harian Danrem 032/Wirabraja Kolonel Inf Bambang Ismawan menghadiri acara panen raya bersama kelompok tani Talang Saiyo di wilayah Kodim 0307/Tanah Datar yang dipusatkan di Kanagarian Kacang Kayu, Kelurahan Sigandu Padang Panjang Timur, Rabu (9/9).

Kelompok Tani Talang Saiyo yang telah mendapatkan pendampingan dari para Babinsa Kodim 0307/Tanah Datar mulai dari penyiapan lahan, olah lahan, sistim dan pola tanam jajar legowo sampai dengan penanganan gabah setelah panen merasa sangat puas, hal ini setelah melihat dan merasakan langsung adanya peningkatan hasil sawahnya secara signifikan, sebelum mendapat pendampingan rata-rata hasil panen pada setiap hektar sawah hanya mampu menhasilkan 5,3 ton gabah saja, tetapi setelah didampingi oleh para Babinsa hasil produksi gabahnya meningkat hingga 7,2 ton gabah setiap hektar sawahnya.

Selain melakukan pendampingan para Babinsa juga mempraktekkan sistim tanam jajar legowo di Demplot ini bersama dengan kelompok tani yang dibinanya, sehingga Demplot dimasing-masing kelompok tani yang dibinanya menjadi semacam sanggar untuk saling berbagi pengalaman dan sekaligus praktek tentang bagaimana cara bercocok tanam dan perawatan padi disawah dengan sistim jajar legowo.

Para Babinsa juga melakukan pengawasan dan pengawalan distribusi pupuk bersubsidi sehingga para petani merasa yakin tidak akan terjadi lagi kelangkaan dan melambungnya harga pupuk di pasaran bila sistim seperti ini berkelanjutan, selanjutnya ketua kelompok tani Talang Saiyo menyampaikan terima kasihnya kepada segenap TNI yang telah turun langsung kelapangan mulai dari pendampingan di sawah hingga menjamin ketersediaan pupuk yang dibutuhkan petani.

Turut hadir dan ikut panen raya ini Asisten II Prov Sumbar Syafrudin, Kakoorluh Sumbar Ir.Jeflin, Wali Kota Padang Panjang beserta unsur Muspida dan SKPD terkait Kota Padang Panjang, Tokoh masyarakat dan segenap Kelompok tani dari Padang Panjang. (Penrem 032/Wbr).

Kirim Tanggapan

Made with passion by Vicky Ezra Imanuel