Skip to main content
Kodam IV/Diponegoro

Kodim 0707/Wonosobo Bersama Pemda Gelar Rakor Atasi ATS

Dibaca: 567 Oleh 04 Mei 2023Tidak ada komentar
Kodim 0707/Wonosobo Bersama Pemda Gelar Rakor Atasi ATS
#TNIAD #TNIADMengabdiDanMembangunBersamaRakyat

JAKARTA, tniad.mil.id – Kodim 0707/Wonosobo dipimpin Letkol Inf Rahmat didampingi Pasi Ops dan Pasi Ter bersama Pemda yang diwakili Dinas Pendidikan melaksanakan Rakor mengatasi ATS ( Anak Tidak Sekolah ) khususnya yang ada di wilayah Kabupaten Wonosobo. Rabu (3/5/2023)

Dalam kesempatan tersebut Tono Prihatono selaku Kepala Disdikpora Wonosobo menyampaikan bahwa saat ini masih terdapat 3.301 anak usai sekolah ( 6 – 18 tahun) yang tidak sekolah. Jumlah tersebut tersebar diseluruh kecamatan yang ada di Wonosobo.

“Saat ini masih terdapat anak tidak sekolah (ATS) sejumlah 3.301 anak yang masuk usia sekolah akan tetapi mereka tidak melanjutkan kejenjang berikutnya dengan berbagai alasan. Dinas Pendidikan dan Olah Raga Kabupaten Wonosobo sesuai program Bupati yaitu “Mayo Sekolah” telah berupaya dengan berbagai cara agar mereka bisa melanjutkan lagi sekolah lagi. Akan tetapi hasil yang dicapai belum sesuai harapan” kata Tono Prihatono.

Sebentar lagi memasuki tahun ajaran baru, ini merupakan waktu yang tepat untuk sosialisasi agar mereka bisa melanjutkan lagi ke jenjang yang lebih tinggi. Dengan harapan jumlah tersebut bisa berkurang atau paling tidak bertambah. Dalam upaya tersebut Dinas Pendidikan , Pemuda dan Olahraga menggandeng Kodim 0707/Wonosobo untuk membantu menurunkan angka ATS tersebut. Sebab salah satu indikator dari daerah miskin adalah tingginya angka ATS, ujar Kadisdikpora.

Baca juga:  Koramil 11/Pedurungan Turut Serta Berpartisipasi Dalam Mendonorkan Darahnya

“Kami mengharap kepada Kodim 0707/Wonosobo agar bisa membantu Pemda dalam rangka percepatan penurunan angka ATS. Dipilihnya Kodim bukan tanpa sebab. Akan tetapi melalui pertimbangan yang matang. Alasan adalah Kodim 0707/Wonosobo mempunyai Babinsa tersebar diseluruh wilayah. Keberadaan mereka dimasyarakat masih sangat dihargai. Ajakan dan himbauan mereka dilapangan ikuti warga binaannya. Melihat potensi tersebut kami mengajak agar Kodim bersedia membantu mengatasi permasalahan tersebut” ujar Tono Prihatono.

Dandim 0707/Wonosobo Letkol Inf Rahmat menyampaikan “tugas TNI sesuai UU No 34 tahun 2004 ada 2 yaitu operasi militer untuk perang dan operasi militer selain perang. Pada poin selain perang disana dinyatakan bahwa TNI bertugas membantu Pemda di wilayah. Sesuai dengan UU tersebut maka tidak ada alasan bagi Kodim menolaknya. Bahkan itu menjadi sebuah kehormatan tersendiri bagi TNI khususnya Kodim dipercaya membantu Pemda dalam rangka mengatasi ATS”.

“tugas menciptakan penerus bangsa yang memiliki pengetuahan yang luas dan ketrampilan tinggi merupakan tanggung jawab semua masyarakat Indonesia termasuk didalamnya TNI. Untuk itu Kodim akan berupaya semaksimal mungkin dengan mengerahkan para Babinsa mengajak mereka agar mau sekolah lagi” pungkas Dandim. (Dispenad)

Baca juga:  Personel Koramil Bantu Pengamanan Lebaran Di Titik Nol Kilometer, Yogyakarta

Kirim Tanggapan

made with passion and dedication by Vicky Ezra Imanuel