Kodam IV/Diponegoro

Kodim 0722/Kudus Siapkan Generasi Muda Berkepribadian Tangguh

Dibaca: 78 By 28 Jan 2017Januari 19th, 2018Tidak ada komentar
Kodim 0722/Kudus Siapkan Generasi Muda Berkepribadian Tangguh
#TNIAD, #TNIADMengabdiDanMembangunBersamaRakyat

Gerakan Pramuka adalah ibarat kawah chandradimuka bagi generasi muda, calon-calon pemimpin masa depan bangsa. Karena di tangan generasi mudalah kelangsungan negara dipertaruhkan. Oleh karenanya, pendidikan dan pembinaan generasi muda amatlah strategis.

Demikian sambutan Komandan Kodim 0722/Kudus Letkol Czi Gunawan Yudha Kusuma, S.E., M.SP., yang dibacakan oleh Danramil 04/Jekulo Kapten Inf Purwadi pada saat upacara pembukaan Pendidikan Dasar bagi anggota baru Pramuka Saka Wira Kartika di Makodim 0722/Kudus, Jumat (27/1/2017).

“Pemuda adalah sosok individu yang kuat, gesit, tahan uji, dan memiliki semangat menggelora. Di tangan pemuda yang tangguh negara pun bakal kuat, akan tetapi menjadi sebaliknya mana kala generasi muda lemah negara pun bakal rapuh,” tegas Dandim.

Pendidikan Dasar bagi anggota baru Saka Wira Kartika Kodim 0722/Kudus ini diikuti oleh 150 orang siswa siswi dari berbagai SLTA yang ada di Kabupaten Kudus.

Pelaksanaannya selama dua hari dengan materi antara lain Krida Navigasi Darat, Krida Survival, Krida Pioner, Krida Mountainering dan Krida Penanggulangan Bencana.

Baca juga:  Wadahi Musyawarah Warga, Satgas Yonif RK 136 Gotong Royong Bangun Balai Dusun

Lebih jauh Dandim menegaskan bahwa tidak dapat dipungkiri bahwa kegiatan yang ada di Kepramukaan turut membentuk karakter individu pemuda berkepribadian tangguh. Materi-materi di lapangan tersebut diatas memerlukan konsentrasi, kecakapan, keuletan, dan kondisi fisik yang prima. Anggota pramuka pun akan dihadapkan pada berbagai situasi dan kondisi, medan dan cuaca berubah, halangan maupun tantangan lainnya sebagai bentuk tempaan bersifat fisik, serta mental.

“Kegiatan tersebut juga mengandung nilai-nilai positif seperti belajar berorganisasi, memupuk semangat gotong royong, menambah wawasan, melatih kepemimpinan dan berlatih untuk memiliki rasa tanggung jawab,” tegas Dandim mengakhiri sambutannya.

Terkait

Kirim Tanggapan

Made with passion by Vicky Ezra Imanuel