Kodam V/Brawijaya

Kodim 0824 Berserta Ribuan Masyarakat Keruk Saluran Sekunder Demangan Untuk Aliri Irigasi Sekitar 2667 Ha Lahan Sawah

Dibaca: 33 Oleh 13 Jan 2016Tidak ada komentar
#TNIAD, #TNIADMengabdiDanMembangunBersamaRakyat

Berbagai upaya masyarakat yang menyampaikan keberadaan saluran irigasi Demangan Ds Kesilir Kec Wuluhan Jember yang mengalami pendangkalan parah hingga mengeringkan sekitar 2629 Ha lahan sawah yang ada di Ds Sumberejo, Sabrang Kec Ambulu dan Ds Tanjung rejo, Kesilir, Ampelrejo serta Ds Lojejer Kec Wuluhan.

Pendangkalan tersebut akibat adanya aktifitas penambangan emas ilegal di lereng G Manggar Ambulu, sehingga tanah galian tambangnya tertampung di saluran sekunder Demangan sehingga mengalami pendangkalan parah dan menelantarkan 2629 Ha lahan persawahan di beberapa desa tersebut, yang notabene merupakan lahan subur penyuplai beras sepanjang tahun.

Upaya masyarakat tersebut akhirnya segera mendapat tanggapan, dengan diturunkannya personel Kodim 0824 pada Rabu 13/01 dibawah melaksanakan karya bakti pengerukan saluran Demangan sepanjang 2 Km.

Karya Bakti dipimpin Pasi Teritorial Kodim 0824 Kapten Inf Sumaryono dengan kekuatan 93 orang, 1.500 orang warga masyarakat yang merupakan anggota kelompok tani dari Ds Kesilir, Lojejer, Ampelrejo, Tanjungrejo, Sabrang dan Sumberejo, Personel Dinas Pengairan dan Perangkat Desa 65 orang.

Pada kesempatan tersebut Sumaryono menjelaskan bahwa hal ini merupakan wujud perhatian kita terhadap keluhan petani di beberapa desa tersebut, karena beberapa musim ini hasil panennya menurun drastis, bahkan sempat tidak dapat ditanami lahannya karena tidak ada suplai air irigasi yang diakubatkan pendangakan saluran Demangan tersebut.

Ketua Gapoktan Wuluhan Sdr. Suhardi saat kami konfirmasi menyampaikan terima kasih atas prakarsa Kodim 0824 mengadakan Karya Bakti bersama tadi, kami juga bersemangat bahkan semua kelompok tani saya instruksikan untuk mengeluarkan anggotanya untuk mengadakan pengerukkan Saluran Demangan sehingga kita dapat segera mempercepat musim tanam yang sedang berjalan.

Kami sudah melaporkan hal ini kesana kemari bahkan beberapa waktu yang lalu kami juga berunjuk rasa ke Dinas Pengairan agar dapatnya permasalahan saluran Demangan ini segera diadakan pengerukkan.

Dandim 0824 Jember Letkol Inf Muhammad Nas, S.I.P saat kami konfirmasi membenarkan adanya karya bakti tersebut. Kita dengan Dinas Pengairan sudah koordinasi untuk mengadakan upaya-upaya pengerukkan bahkan kemarin juga sempai diadakan operasi terhadap penambangan emas illegal di G Manggar Ambulu.

Untuk upaya pengerukkan saluran Demangan Kodim 0824 bersama Dinas Pengairan Kab Jember sudah merencanakan pengerukkan, yang dilaksanakan tadi merupakan langkah awal dan pada tahap berikutnya akan kita perdalam dengan menggunakan mesin bego.

Karena terkait dengan Program Ketahanan Pangan ini jangan sampai ada yang terkendala, bahkan kita diinstruksikan untuk mengadakan percepatan pengolahan lahan, peningkatan indek pertanamanan dan lai-lain. Sehingga berbagai kendala maupun permasalahan yang menghambat pertanian harus kita selesaikan sesegera mungkin.

Terkait

Kirim Tanggapan

Made with passion by Vicky Ezra Imanuel