Kodam V/Brawijaya

Kodim Bojonegoro Periksa Kesegaran Jasmani Prajurit

Dibaca: 92 Oleh 06 Nov 2015Tidak ada komentar
#TNIAD, #TNIADMengabdiDanMembangunBersamaRakyat
Sebagai upaya membina dan meningkatkan kemampuan prajurit di Jajaran TNI AD, Kodim 0813 Bojonegoro menyelenggarakan Samapta Periodik Semester II TA. 2015, bertempat di Lapangan Sepak Bola SMAN 2 Bojonegoro, Kamis 04 Nopember 2015.

Pasiops Kodim 0813 Bojonegoro, Kapten Inf Abdul Karim Zaluku, mengatakan, kegiatan pemeriksaan kesegaran jasmani ini merupakan progam rutin yang harus dilaksanakan oleh setiap prajurit, sehingga para prajurit Kodim 0813/Bojonegoro mempunyai tingkat kesegaran jasmani yang terjaga atau terpelihara dengan baik.      “Untuk mencapai sasaran yang diharapkan dengan hasil nilai yang optimal perlu pembinaan fisik secara rutin, sehingga dapat memiliki kesamaptaan jasmani dan kesehatan yang prima serta dapat mendukung pelaksanaan tugas sesuai dengan jabatan yang diamanahkan” ungkap Pasiops.
Dari pelaksanaan pemeriksaan kesegaran jasmani tersebut diharapkan mampu mencapai sasaran yang ingin dicapai satuan hingga para Prajurit mempunyai tingkat kesegaran jasmani yang tinggi guna mendukung tugas pokok satuan sebagai bagian dari  TNI-AD, mengingat tatangan tugas kedepan yang semakin menuntut dukungan kekuatan fisik dalam menunjang terciptanya prajurit yang lebih profesional.
“Selain itu juga, kesegaran jasmani dilaksanakan untuk memelihara kebugaran fisik prajurit secara pribadi dan  sangat berpengaruh terhadap kariernya sendiri” tambahnya.
Pemeriksaan kesegaran tersebut meliputi Kesegaran A, yakni setiap prajurit wajib melaksanakan lari sejauh 3,2 Km dengan prestasi waktu yang berhasil ditempuhnya sesuai kategori atau kelompok penggolongan usia.
Sedangkan semapta B yang terdiri dari Pull Up, Sit Up, Push Up masing – masing dilaksanakan selama 1 menit dengan nilai prestasi berapa jumlah yang berhasil dilakukan, dan Shutle Run dengan nilai prestasi sesuai waktu tempuh kecepatan, serta pemeriksaan  ketangkasan renang militer dilaksanakan menempuh jarak 50 meter dengan gaya “ Katak “ dengan nilai prestasi sesuai kemampuan waktu tempuh  prajurit yang bersangkutan.
Pelaksanaan pemeriksaan kesegaran jasmani tersebut diselenggarakan oleh Tim Jasrem 082/CPYJ, yang dipimpin oleh Kapten Inf Suswanto. ( Penrem 082/CPYJ )

Terkait

Kirim Tanggapan

Made with passion by Vicky Ezra Imanuel