Skip to main content
Kodam XVII/Cenderawasih

Kodim Deiyai Gelar Lomba Vocal Group dan Pidato Meriahkan Hari Lahir Pancasila

Dibaca: 62 Oleh 31 Mei 2023Tidak ada komentar
Kodim Deiyai Gelar Lomba Vocal Group dan Pidato Meriahkan Hari Lahir Pancasila
#TNIAD #TNIADMengabdiDanMembangunBersamaRakyat

JAKARTA, tniad.mil.id – Keluarga besar Komando Distrik Militer atau Kodim 1703/Deiyai, sejak Selasa (30/5/2023) menggelar lomba vocal group dan pidato dalam rangka meriahkan peringatan Hari Lahir Pancasila 1 Juni 2923 di halaman Makodim 1703/Deiyai Jalan Trans Papua, Tigidoo, Waghete, Provinsi Papua Tengah.

Komandan Kodim 1703/Deiyai Letkol Inf I Wayan Dedi Suryanto, SE dalam sambutannya saat membuka lomba mengajak peserta memanjatkan doa dan mengucap syukur ke hadirat Tuhan yang Maha Esa. Doa dan syukur perlu dipanjatkan karena atas limpahan dan karunia-Nya, acara perlombaan dimulai dengan aman dan lancar. Lomba akan dilanjutkan (Rabu, 31/5) hari ini,” ujar Dedi melalui keterangan tertulis kepada Odiyaiwuu.com dari Waghete, Deiyai, Papua Tengah, Rabu (31/5).

Menurut Dedi, lomba vocal group dan pidato tersebut terbuka untuk umum diikuti para peserta baik anggota TNI dan Polri, unsur pemerintah, masyarakat, dan para siswa. Pihaknya menyampaikan apresiasi dan rasa bangga mengingat lomba yang dimulai hari pertama berjalan lancar.

“Pancasila merupakan pemersatu bangsa dengan heterogenitas suku, agama, ras, dan golongan. Heterogenitas itu disatukan Pancasila sebagai dasar negara, falsafah, dan pedoman hidup seluruh anak bangsa. Karena itu, dengan persatuan dan dilandasi cinta kasih, hidup seluruh anak bangsa terasa indah. Apa yang terbaik buat rakyat, itu pula yang terbaik buat kita,” ujar Dedi, prajurit TNI berdarah Bali.

Baca juga:  Letkol Inf Endro Satoto Resmi Menjabat Sebagai Danbrigif 20/IJK

Dedi menambahkan, melalui kegiatan lomba vocal group dan pidato, pihaknya berharap agar momentum itu dapat memupuk semangat nasionalisme dan menggelorakan jiwa Pancasila bagi para peserta khususnya dan masyarakat.

Dalam lomba vocal group, peserta menyanyikan lagu-lagu bertema kebangsaan, cinta tanah air dan lagu daerah guna memperdalam penghayatan dan pengamalan Pancasila. Peserta lomba vocal group diikuti sebanyak 24 peserta. Sedangkan lomba pidato sebanyak 23 sebagai peserta.

“Kriteria penilaian juri dalam lomba menyanyi ini antara lain menghafal lirik lagu, penghayatan, dan performa peserta. Kami senang dan bangga karena lomba ini tidak hanya diikuti anggota kami dan dari kepolisian tetapi juga masyarakat umum serta berbagai instansi pemerintah di Deiyai. Keikutsertaan tersebut merupakan bentuk ungkapan cinta tanah air dan Pancasila sebagai pemersatu bangsa,” kata Dedi.

Ketua Lembaga Masyarakat Adat (LMA) Deiyai Deiyai Frans Mote dalam kesempatan tersebut menyampaikan apresiasi kepada Komandan Kodim 1703/Deiyai Dedi Suryanto bersama jajarannya yang selalu menyelenggarakan aneka lomba dalam setiap momen peringatan hari raya nasional dengan melibatkan masyarakat dan seluruh elemen di Deiyai. Termasuk lomba dalam rangka Hari Lahir Pancasila 1 Juni 2023.

Baca juga:  Danrem 174/ Merauke Siapkan Kendaraan Taktis Dukung Pengamanan PON XX/2021 Papua

“Saya menyampaikan terima kasih kepada Dandim 1703/Deiyai Pak Dedi bersama jajarannya yang menyelenggarakan lomba dalam rangka peringatan Hari Lahir Pancasila 1 Juni 2023. Apalagi lomba melibatkan seluruh elemen masyarakat. Semoga ke depan TNI bersama rakyat semakin jaya dan selalu di hati rakyat,” kata Frans Mote, yang juga Kepala Suku Besar Mee Deiyai.

Dalam pembukaan acara lomba, selain Dedi, hadir juga sejumlah pejabat di lingkup TNI dan Polri, pejabat pemerintah, anggota FKUB, ulama, tokoh masyarakat, adat, perempuan, dan lain-lain.

Mereka antara lain Komandan Yonif Pamtas 527/By Letkol Inf Yudha Ragil Jaka Utama, Kapolres Deiyai Kompol I Made Suartika, SIP, Kasdim 1703/Deiyai Mayor Inf Elihud Krey, Danramil 1703-02/Tigi Mayor Czi Jarman Dambang, dan Pasi Intel Kodim 1703/Deiyai Kapten Inf Eko Warsito.

Selain itu, hadir juga pejabat Danramil 1703-01/Enarotali Letda Inf A Gobay, Kapolsek Tigi Iptu Sahetapy, SE, Wadanramil 1703-02/Tigi Letda Inf Sudarno, Kepala Distrik Tigi Otopia Mote, SIP, Kepala Suku Tigi Yosep Mote, Ketua FKUB Paniai Pendeta Hans Tebai, S.Th, dan Pendeta Gereja GPSDI Waghete Simon Suli, S.Th.

Baca juga:  Danrem 174 Merauke : Pembekalan Intelter Para Babinsa Dapat Cegah Dini Berbagai Ancaman

Kemudian tim juri vocal group Yohanes Yanes, S.Pd dan Meliana serta tim juri pidato Muklis, S.Pd. Lomba hari pertama berjalan meriah, aman, dan lancar. (Dispenad)

Kirim Tanggapan

made with passion and dedication by Vicky Ezra Imanuel