Kodam Iskandar Muda

Kolam Lele Bioflok, Inovasi Kodim Tingkatkan Ekonomi Pesantren Aceh

Dibaca: 39 Oleh 14 Mei 20202 komentar
Kolam Lele Bioflok, Inovasi Kodim Tingkatkan Ekonomi Pesantren Aceh
#TNIAD, #TNIADMengabdiDanMembangunBersamaRakyat

JAKARTA, tniad.mil.id, – Selain mendukung program ketahanan pangan, inovasi kolam lele bioflok Kodim 0114/Aceh Jaya merupakan upaya meningkatkan perekonomian Pondok Pesantren Nurul Ikhsan yang terletak di Kabupaten Aceh Jaya.

Hal tersebut disampaikan Dandim 0114/Aceh Jaya Letkol Czi Arief Hidayat, dalam rilis tertulisnya di Kabupaten Aceh Jaya, Aceh, Kamis (14/5/2020).

Dikatakan Dandim, penyediaan kolam lele dengan sistem bioflok ini, merupakan salah satu upaya Kodim 0114/Aceh Jaya untuk meningkatkan ketahanan pangan masyarakat di tengah pandemi Covid-19.

“Kita serahkan satu unit kolam kepada Pondok Pesantren Nurul Ikhsan, untuk mengembangkan dan meningkatkan perekonomian pondok pesantren ini,” kata Arief.

“Bersamaan dengan itu, kita juga memberikan 4000 bibit ikan lele beserta pangannya,” tambahnya.

Selanjutnya, Arief juga berharap dengan adanya kolam lele bioflok ini, dapat menjadi sarana menambah pengetahuan dan keterampilan serta menumbuhkan jiwa entrepreneur bagi para santri di pondok pesantren tersebut.

“Menjadi bekal ke depan, supaya para santri setamat dari pondok ini dapat menerapkan kemandirian pangan dalam keluarga dan di masyarakat,” harap Arief.

Baca juga:  Bagikan Masker di Sawah, Kodim Brebes Peduli Petani

Kolam Lele Bioflok, Inovasi Kodim Tingkatkan Ekonomi Pesantren Aceh

“Dan juga dapat membuka lapangan kerja baru ketika nantinya mereka hidup di tengah-tengah masyarakat,” lanjutnya.

Sementara itu, Tengku Nazaruddin, S.Pdi, Pimpinan Pesantren Nurul Iksan yang berada di Desa Lhok Kruet Kecamatan Sampoiniet tersebut, menyampaikan ucapan terima kasih kepada Kodim 0114/Aceh Jaya atas bantuan kolam lele bioflok kepada pondok pesantrennya.

“Kami sangat optimis, dengan bantuan ini akan dapat meningkatkan perekonomian bukan hanya bagi para santri, juga bagi para ustaz di pondok pesantren ini,” kata Tengku Nazaruddin. (Dispenad).

Terkait

Gabung dalam diskusi 2 komentar

  • Jalak Putih 17 budi wibowo berkata:

    Bismillah mohon ditingkatkan terus kemanunggalan rakyat,TNI MASUK DESA,dimulai dengan peningkatan ketahanan pangan diseluruh kodam.

  • Jalak Putih 17 budi wibowo berkata:

    Bismillah,pesan terbuka untuk bapak presiden bapak jokowi dan panglima TNI,agar rogram pembangunan teritorial di desa dan tapal batas,mari kita titik beratkan pada pembangunan hasil pertanian,perkebunan,serta perikanan rakyat,ajak masyarakat sekitar markas batalyon tuk mengadakan program positif ini karena bisa menekan angka pengangguran,kriminilitas bisa ditekan,punya nilaitambah peningkatan unsur pendapatan rakyat,kita bersama bisa mengandeng masyarakat akademisi,fakultas pertanian,ipb,serta kementrian terkait didalamnya,termasuk unsur muspida,sampai gubernur.lahan yang tidur kit a hijaukan termasuk daerah pinggir sungai yang mungkin ada yang ta ndus kita bisa tanami seperti po hon jati,lamtoro, pinus,mahoni atau rambutan yang punya nilai ekonomis.atau kalau mau dibangun hutan tanaman ekonomis juga boleh,semoga hal ini bisa dilanjutkan sampai tahun 2025 kedepan dan seterusnya,itu harapan saya.

Kirim Tanggapan

Made with passion by Vicky Ezra Imanuel