Pasukan Garuda

Komandan Kontingen Garuda Unifil Menerima Kunjungan CO MCOU Ltc Stefano Scalabroni

Dibaca: 1017 Oleh 05 Jun 2014Tidak ada komentar
#TNIAD, #TNIADMengabdiDanMembangunBersamaRakyat

Military Community Outreach Unit (MCOU) Commander LTC Stefano Scalabroni didampingi MCOU Deputy Commander (DCO) selaku Dansatgas MCOU XXX-D/Unifil Mayor Arm Ezra Nathanael mengadakan kunjungan kerja (Official Visit) ke Force Head Quarter Support Unit (FHQSU) Commander Kolonel Inf A. Adipati Karnawijaya sekaligus sebagai  Komandan Kontingen Garuda Unifil dalam rangka meningkatkan hubungan dan kerjasama antara Indonesia dengan Italy di ruang kerja Komandan Kontingen. Naqoura, Senin (02/06).

LTC Stefano Scalabroni didampingi Mayor Arm Ezra Nathanael tiba di kantor FHQSU Unit sekitar pukul 10.00 LT dan disambut langsung oleh komandan FHQSU selaku Komandan Kotingen Garuda Unifil dengan hangat dan rasa kekeluargaan.

Dalam kunjungan tersebut LTC Scalabroni menyampaikan penghargaaan dan apresiasi kepada Komandan Kontingen terhadap kerjasama antara Italy Army dengan Indo Army terjalin dengan baik terutama bagi personel Indo Army yang tergabung dalam satgas MCOU.

“Tugas pokok tidak akan tercapai tanpa adanya kerjasama yang baik antara kedua Negara”. Tambah Scalabroni.

Untuk mempererat hubungan antar kedua negara tersebut, LTC Scalabroni yang berdinas di 28th Psyops Regiment sebagai analisis dan trainer akan berupaya meningkatkan dan membekali kemampuan dalam Outreach dan Psyops (Operasi Psikologi) bagi personel Indonesia yang tergabung dalam satgas MCOU dengan memberikan Psyops Training for Specialist atau pelatihan Operasi Psikologi lanjutan/spesialis . Hal ini penting guna mendukung dalam pelaksanaan tugas dilapangan. Usulan tersebut disambut dengan baik oleh Komandan Kontingen Garuda. Untuk saat ini, TNI AD belum pernah melaksanakan Operasi Psikologi (PsyOps) serta belum memiliki satuan/ unit khusus yang membidangi tentang Operasi Psikoligi.

Operasi Psikologi adalah operasi yang dilaksanakan dengan tujuan untuk melakukan propaganda, mempengaruhi dan menilai sikap dan tingkah laku, persepsi, anggapan penduduk di daerah operasi dengan melakukan Face to Face Communication (F2F) atau pertemuan dengan pemimpin local setempat. Selain itu juga penanaman doktrin kepada generasi muda melalui kegiatan di sekolah-sekolah (School Activity) serta penyebaran produk-produk kampanye militer melalui produk cetak (Leafleat, Trifolder) dan media Massa serta media eletronik (TV/Radio/Video). Setelah semua itu dilakukan berulah diadakan penganalisaan tentang kondisi dan situasi sesuai dengan umpan balik yang diterima, mengklasifikasikan daerah sesuai dengan data sebenarnya di lapangan, apakah tempat itu sensitif atau sebaliknya. Proses analisa tersebut sangat membantu komando atas dalam mengambil setiap keputusan.

Letkol Stefano Scalabroni merupakan salah satu Komandan MCOU pertama yaitu tahun 2008 yang berdinas di 28th Psyops Regiment lebih khusus di Analysis department. Disamping itu juga dia sebagai trainer atau pelatih bagi kursus-kursus yang berkaitan dengan operasi psikologi di Italia pada khususnya, dan NATO pada umumnya. LCT Scalabroni juga memiliki banyak pengalaman tugas operasi baik itu UN Mission maupun NATO (Kosovo, Iraq, Afganistan).

Kolonel Adipati berharap kedepan hubungan antara dua negara lebih erat lagi dan berencana mengirimkan beberapa personel Indo Army MCOU dalam bentuk kunjungan (Official Visit) ke 28th Psyops Regiment di Pesaro Italy untuk mendapatkan pengetahuan dan pelatihan atau kursus mengenai Operasi Psikologi (PsyOps) di Italy secara mendalam. (Dansatgas MCOU-XXD/ UNIFIL, Mayor Arm Ezra Nathanael)

Kirim Tanggapan

Made with passion by Vicky Ezra Imanuel