Kodam V/Brawijaya

Kontes Barongan Dalam Rangka HUT ke-71 TNI

Oleh 09 Okt 2017 Januari 23rd, 2018 Tidak ada komentar Dibaca: 109
Kontes Barongan Dalam Rangka HUT ke-71 TNI
#TNIAD, #TNIADMengabdiDanMembangunBersamaRakyat

TNI AD – Event dengan tema HUT ke 71 TNI berlangsung kemarin sore di halaman Makoramil 15/Kandangan dan event ini melibatkan ratusan kontestan dari berbagai daerah. Tercatat 204 kontestan berpartisipasi dalam kontes barongan ini dan dari 204 kontestan, 47 kontestan berasal dari luar Kediri, Senin (09/10/2017).

Dalam kontes ini, seluruh dewan juri berlatarbelakang seni yang sangat berhubungan dengan barongan itu sendiri dan hasil dewan juri bersifat mutlak tanpa diganggu gugat. Disamping itu, kehadiran 47 kontestan yang berasal dari Malang dan Jombang, menambah persaingan sehat antar kontestan.

5a__3_

Menurut Danramil Kandangan Kapten Czi Kustoyo, kontes barongan ini lebih mengarah pada kreatifitas pecinta seni barongan, karena dari kreatifitas itulah ada nilai lebih diantara barongan-barongan yang ditampilkan. Dalam pembuatan barongan sendiri, butuh kecermatan dan ketelitian terutama pernik-pernik ataupun wajah dari barongan ini.

Mursani , warga Pare yang juga pecinta barongan ini mengungkapkan ,membuat barongan itu tidaklah mudah, butuh ketrampilan khusus. Setiap orang yang membuat barongan punya karakter berbeda-beda.

Baca juga:  Dandim 0506/Tangerang Hadiri Apel Pramuka

“Yang penting, kreatifitas itu berdasarkan pemikiran sendiri, itu lebih penting. Ketertarikan orang lain kepada barongan itu yang menjadikannya berbeda. Tidak sembarangan orang membuat barongan”, ujarnya

Sementara itu Sugito, warga Gurah menginginkan kontes barongan ini tidak sekedar agenda rutin tahunan saja, tetapi bisa diadakan kapan saja. Barongan merupakan budaya bangsa sendiri yang harus dilestarikan.

Kontes barongan ini bisa berlangsung berkat turut andilnya komunitas pecinta barongan yang mayoritas berdomisili di Kediri.

Terkait

Kirim Tanggapan

Made with passion by Vicky Ezra Imanuel