Kodam II/Sriwijaya

Korem 045 Ajarkan Tehnik Berkomunikasi Kepada Kader Diklat Bela Negara

Dibaca: 72 Oleh 26 Nov 2015Tidak ada komentar
#TNIAD, #TNIADMengabdiDanMembangunBersamaRakyat

Bangka Tengah, Peserta Pendidikan dan Pelatihan Kader Bela Negara Provinsi Kepulauan Bangka Belitung Rabu 25/11 menerima mata pelajaran Tehnik dan Prosedur Komunikasi telepon di Ruang belajar Balai Latihan Kerja Industri (BLKI) Komplek Perkantoran Pemerintah Provinsi Kepulauan Babel Jalan Pulau Pongok Pangkalpinang.

Tehnik dan Prosedur Komunikasi diajarkan oleh Kapten Chb Suparto Dansubdenkonbekharstal Detasemen Perhubungan Korem 045/Garuda Jaya dan dalam giat belajar tersebut di ikuti oleh 91 orang peserta.

Dalam kegiatan belajar tersebut Kapten Suparto menjelaskan bahwa komunikasi sangat penting dalam kehidupan sehari-hari. Komunikasi bisa mengendalikan suatu kegiatan meskipun sangat jauh.

Dalam satuan atau organisasi TNI, alat peralatan komunikasi sangat dibutuhkan,.karena satuan-satuan yang ada di TNI semuanya ada di kota hingga pelosok tanah air dan bahkan terpisah dengan pulau-pulau.

Dengan penggunaan alat komunikasi satuan TNI yang jauh dari markas Komando bisa laporan tentang kejadian yang ada diwilayahnya ke atasannya dan tentunya pimpinan TNI bisa mengendalikan prajurit TNI yang bertugas di daerah. Jelasnya.

Berkomunikasi dengan rekan ataupun dengan atasan hendaknya menggunakan IKIT yaitu irama kecepatan, isi suara dan tinngi nada. Penggunaan IKIT ini penting untuk menjaga hubungan baik selama berkomunikasi.

Hal-hal yang perlu diperhatikan dalam berkomunikasi melalui alat peralatan antara lain dengan menggunakan prosedur yang benar dan berita harus tersusun jelas, lengkap, singkat serta bicara dengan jelas, tidak terlalu cepat tapi di ucapkan dengan wajar.

Selanjutnya dengarkan dulu sebelum membalas ucapan dan waspada sebab musuh selalu mendengar yang dikomunikasikan, jika terjadi jamming bekerjalah seperti biasa dan laporkan kepada yang berhak. Tegasnya.

Kirim Tanggapan

Made with passion by Vicky Ezra Imanuel