Kodam V/Brawijaya

Korem 081/DSJ Peringati Tahun Baru Islam 1437 H

Dibaca: 23 Oleh 06 Nov 2015Tidak ada komentar
#TNIAD, #TNIADMengabdiDanMembangunBersamaRakyat
Korem 081/DSJ memperingati tahun baru Islam 1437 Hijriah atau yang lebih dikenal dengan bulan Muharam, yang dihadiri oleh seluruh anggota Makorem 081/DSJ, perwakilan Kodim 0803 Madiun dan perwakilan anggota dari Satdisjan wilayah madiun, yang dilaksanakan di Aula Makorem 081/DSJ Jl. Pahlawan No. 50 Kota Madiun, Jum’at (06/11).

Peringatan tahun baru Islam kali ini, mengambil tema yaitu : “Jadikan Peringatan Tahun Baru Hijriyah 1437 H / 2015 M Sebagai Momentum Peningkatan Mental Prajurit TNI Dalam Pelaksanaan Tugas Pokok TNI Menjaga Keutuhan NKRI ”
Komandan Korem 081/DSJ Kolonel Infanteri Hardani Lukitanta Adi dalam mengawali sambutannya yang di bacakan oleh Kasrem 081/DSJ Letkol Inf Akhyari, S.I.P mengatakan, Semoga melalui peringatan hari besar keagamaan seperti ini, akan semakin meningkatkan keimanan dan ketaqwaan kita kepada Allah Subhanahu Wata’ala.
Peringatan tahun baru hijriyah atau tahun baru Islam yang selalu diperingati setiap tanggal 1 Muharam, merupakan momentum yang sangat baik bagi kita untuk menggali makna dan hikmah yang terkandung didalamnya.
Lebih lanjut Danrem dalam amanatnya menyampaikan Peristiwa hijrah adalah tonggak yang sangat bersejarah dalam perkembangan agama Islam, sehingga ditetapkan sebagai permulaan penanggalan Tahun Baru Islam. Hal ini, tidak semata-mata sebagai kejadian biasa, melainkan menjadi sebuah manhaj (jalan yang jelas dan terang) atau metode hidup yang perlu dikaji, diresapi dan diamalkan maknanya.
Sementara itu, dalam ceramahnya KH. Munir mengatakan, Peristiwa hijrahnya Nabi Besar Muhammad SAW, merupakan momentum pencerahan bagi umat Islam untuk mengembangkan tatanan kehidupan yang lebih beradab. Hijrah dari zaman jahiliyah menuju era madaniah atau terbentuknya masyarakat madani, seperti yang diajarkan dalam tatanan kehidupan Islami.
Sebagaimana tercatat dalam sejarah Islam, bahwa di kota Madinah itulah, Rusulullah dapat mengembangkan peradaban Islam yang membawa kesejahteraan, perdamaian dan keselamatan bagi umat.
Rosululloh dengan kepribadiannya yang sempurna telah memberikan suri teladan kepada kita untuk memiliki semangat pantang menyerah dalam upaya menegakkan amal ma’ruf nahi munkar, dengan mengajak kita untuk melakukan kebaikan dan mencegah kemungkaran bagi umat.
Semua yang terjadi di dunia merupakan kehendak Allah oleh karena itu kita jangan sombong dan kita harus ikhlas dalam mengerjakan sesuatu, dan harus berubah atau Hijrah yang artinya berubah, berubah dari yang tidak baik menjadi baik keimanannya, dari yang tidak taat menjadi taat.
Peringatan Tahun Baru Islam 1437 Hijriah diawali dengan pembacaan ayat suci Alqur’an oleh Ny. Hanif Makrufah (anggota Persit Denbekang madiun) Hadir pada acara tersebut, Dandim 0803 Madiun, Para Dan/Ka Satdisjan Wilayah Madiun.

Terkait

Kirim Tanggapan

Made with passion by Vicky Ezra Imanuel