Kodam IV/Diponegoro

Latihan Yongmodoo Persiapan Ujian Kenaikan Sabuk Kodim 0701/Bms

Dibaca: 234 Oleh 29 Jul 2015Tidak ada komentar
#TNIAD, #TNIADMengabdiDanMembangunBersamaRakyat
Selesai apel pagi hari, bertempat di lapangan Upacara Kodim 0701/Banyumas, 98 anggota melaksanakan latihan beladiri militer yongmoodo. Latihan langsung dipimpin oleh Pasiops Kodim 0701/Bms Kapten Inf Abdul Halim Marzuki. Beladiri Militer Yongmoodo bertujuan untuk meningkatkan profesionalisme dan ketangkasan anggotanya dalam menjalankan tugas (28/07).
Dalam pengarahannya, Pasiops menyampaikan bahwa pada bulan Agustus akan dilaksanakan ujian kenaikan sabuk, maka diharapkan semua anggota melaksanakan latihan dengan sungguh-sungguh. Karena olahraga ini wajib dan harus dikuasai oleh seluruh prajurit, baik di satuan tempur, satuan banpur maupun satuan kewilayahan. Dimana untuk Kodim 0701/Bms untuk olahraga beladiri militer yongmoodo dilaksanakan setiap hari selasa s.d kamis. Dalam latihan olahraga beladiri yongmoodo ini para anggota dilatih secara bertahap, bertingkat dan berlanjut. Mereka diasah kemampuan beladiri dasar dengan mengedepankan ketepatan, kekuatan dan kecepatan untuk bertarung jarak dekat.
Olahraga Beladiri yongmoodo diadopsi dari Korea Selatan yang diperkenalkan kepada seluruh prajurit untuk menjadi olahraga beladiri militer wajib. Jadi semua prajurit yang baru sebelum masuk ke satuan tempur maupun satuan banpur sudah diperkenalkan dengan olahraga ini. Yongmoodo merupakan gabungan dari beladiri Judo, Taekwondo, Apkindo, Karate, Sirum dan Hon Sin Sul. Yong berarti naga yang memiliki nilai mistis dan diagungkan dengan memiliki banyak kemampuan hebat. Moo berarti beladiri yang memiliki materi perkelahian, strategis, pertahanan serangan, kemampuan fisik dan mental serta psikologi. Sedangkan Do merupakan cara berlatih hidup dan pandangan hidup serta memiliki makna dasar hidup dan belajar dari alam.

Kirim Tanggapan

Made with passion by Vicky Ezra Imanuel