Skip to main content
Kodam II/Sriwijaya

Lestarikan Alam Dan Hijaukan Pantai, Kodim 0421/LS Tanam Mangrove

Dibaca: 31 Oleh 17 Mar 2023Tidak ada komentar
Lestarikan Alam Dan Hijaukan Pantai, Kodim 0421/LS Tanam Mangrove
#TNIAD #TNIADMengabdiDanMembangunBersamaRakyat

JAKARTA, tniad.mil.id – Guna mencegah abrasi dan melestarikan Alam serta menghijaukan Pantai, Komando Distrik Militer (Kodim) 0421/Ls melaksanakan penghijauan penanaman Pohon Mangrove, di Wilayah Garis Pantai,Way Urang, Way Lubuk dan Desa Merak Belatung Kec. Kalianda Kab. Lamsel, Kamis (16/03/2023).

Komandan Kodim 0421/Ls Letkol Inf Fajar Akhirudin S.I.P.,M.Si., melalui pesan tertulis yang disampaikan Pasi Ter Kodim 0421/Ls Kapten Inf Nurdin mengatakan Hutan mangrove menjadi sumber yang sangat jelas untuk menjaga ekosistem perairan antara laut, pantai dan darat. Selain itu, manfaat hutan mangrove juga akan membantu manusia dalam mendapatkan iklim dan cuaca yang paling nyaman untuk mencegah bencana alam. Oleh sebab itu, penanaman pohon mangrove sangat penting sebagai penjaga pantai dari abrasi dan juga manfaat hutan mangrove untuk mencegah intrusi air laut kedaratan, erosi, dan abrasi pantai.

“Ini sebagai langkah awal kepedulian kita bersama, dalam membantu Pemerintah Daerah khususnya Kabupaten Lampung Selatan dalam melestarikan lingkungan hidup, agar manfaatnya dapat dirasakan oleh masyarakat untuk generasi mendatang,” ucap kapten Nurdin.

Baca juga:  Korem 041/Gamas Gelar Penyuluhan HIV Dan Penyakit Menular

“salah satu tujuan penanaman Mangrove ini adalah untuk melindungi garis pantai dari abrasi atau pengikisan. Karena tumbuhan Mangrove merupakan salah satu jenis tumbuhan yang memiliki akar kokoh yang dapat meredam gelombang besar termasuk Tsunami. Oleh karena itu, manfaat penanaman Mangrove sangat penting sekali untuk mencegah terjadinya bencana alam

penanaman pohon Mangrove juga sebagai bentuk pola pembangunan lingkungan hidup di wilayah secara terencana. selain bermanfaat untuk mengurangi abrasi dapat melindungi ekosistem yang ada di dalamnya, sehingga berdampak positif bagi masyarakat dalam meningkatkan perekonomiannya,” tandasnya

Lebih dari itu, kami mengajak kepada seluruh masyarakat untuk meningkatkan kesadaran, dengan ikut serta menjaga dan merawat tanaman Mangrove yang sudah di tanam dari tangan-tangan yang tidak bertanggung jawab, sehingga dampaknya akan menimbulkan kerusakan.

β€œlanjut Kapten Nurdin Menyampaikan Setiap individu harus bisa menjaga lingkungan tanpa merusaknya, sehingga lingkungan tersebut pada akhirnya akan kembali memberikan manfaatnya bagi kita semua, karena hutan Mangrove dapat menarik minat wisatawan baik domestik maupun mancanegara yang datang untuk mengetahui sebanyak mungkin manfaat dari hutan Mangrove,” tutup Kapten Nurdin. (Dispenad)

Baca juga:  Soal Cetak Sawah, Kementan: Pemberitaan Tempo Tidak Berdasarkan Fakta

Kirim Tanggapan

Made with passion by Vicky Ezra Imanuel