Berita Satuan

Lestarikan Tradisi, Personel Satgas Yonif 144/JY Bantu Warga Buat Anyaman Tikar

Dibaca: 12 Oleh 17 Sep 2021Tidak ada komentar
Lestarikan Tradisi, Personel Satgas Yonif 144/JY Bantu Warga Buat Anyaman Tikar
#TNIAD, #TNIADMengabdiDanMembangunBersamaRakyat

JAKARTA, tniad.mil.id – Personel Satgas Pamtas RI-Malaysia Yonif 144/JY membantu warga membuat anyaman tikar khas Suku Dayak Iban di Desa Kapar Kecamatan Batang Lupar, Kabupaten Kapuas Hulu Kalimantan Barat, sebagai bentuk pelestraian tradisi lokal.

Hal ini disampaikan Dansatgas Pamtas RI-Malaysia Letkol Inf Andri Suratman dalam keterangan tertulisnya di Pos Kotis Badau, Jumat (17/9/2021).

“Kekayaan seni kerajinan tangan Indonesia mencerminkan bermacam-macam kebudayaan yang tersebar di nusantara, salah satunya seni anyaman tikar yang dilakukan oleh anggota Satgas kami Pos Kapar dalam membantu pembuatan tikar bersama warga Dayak Iban, ” tuturnya.

Lebih lanjut dikatakan, ini merupakan bentuk kepedulian dan melestarikan kearifan lokal setempat, bahwa kerajinan ayaman memiliki makna khusus bagi warga setempat.

“Bagi masyarakat Suku Dayak Iban, kerajinan anyaman yang salah satunya adalah tikar, merupakan tradisi turun temurun yang sudah hampir ditinggalkan dihadapkan dengan era modernisasi saat ini, ” imbuhnya.

Namun demikian, tambahnya, kerajinan anyaman ini masih dipertahankan sebagian warga Suku Dayak Iban sebagai kelengkapan pada acara-acara adat.

Salah satu warga Ratna (42) mengucapkan terima kasih atas bantuan dari personel Satgas yang telah membantu dalam pembuatan tikar anyam.

“Kami sangat terbantu dan sangat senang atas kepedulian bapak-bapak TNI untuk tetap melestarikan tradisi dan budaya Suku kami. Semoga selalu diberikan kemudahan dalam setiap tugas, ” ujarnya.

Serda Doni yang memimpin personel Satgas lainnya dari SSK 1 Pos Kapar mengatakan, kegiatan melestarikan karya seni anyaman tikar ini sudah ada sejak zaman dahulu. Tikar anyaman ini kegunaannya sebagai alat jemur padi dan alas tikar rumah serta acara adat lainnya.

Lestarikan Tradisi, Personel Satgas Yonif 144/JY Bantu Warga Buat Anyaman Tikar

Pada kegiatan ini juga menyosialisasikan kepada warga untuk menerapkan pola hidup bersih dan sehat, serta selalu mematuhi protokol kesehatan. (Dispenad)

Terkait

Kirim Tanggapan

Made with passion by Vicky Ezra Imanuel