Berita Satuan

Lukisan Multatuli Menang Lomba Lukis Angkatan Darat

Dibaca: 293 Oleh 23 Agu 2020Tidak ada komentar
Lukisan Multatuli Menang Lomba Lukis Angkatan Darat
#TNIAD, #TNIADMengabdiDanMembangunBersamaRakyat

JAKARTA – tniad.mil.id –  Tentara Nasional Indonesia Angkatan Darat (TNI AD) melalui Staf Umum Teritorial Angkatan Darat (Sterad) menggelar kegiatan lomba melukis dan pameran lukisan di Anjungan Jawa Tengah, Taman Mini Indonesia Indah (TMII), Jakarta Timur. Lomba ini diselenggarakan selama dua hari dari tanggal 22 sampai 23 Agustus 2020.

Kegiatan yang bertemakan “Dengan Semarak Hut ke-75 Indonesia Maju, TNI AD Peduli dan Berkreasi Dalam Melawan Penyebaran Covid-19” tersebut diselenggarakan dalam rangka menyambut Hari Ulang Tahun (HUT) Ke-75 Republik Indonesia dan diikuti para seniman dari komunitas seni lukis dan mahasiswa/mahasiswi yang mempunyai jiwa seni dari Universitas di wilayah Jabodetabek.

Pada hari pertama, Sabtu (22/08), saat pembukaan Aster Kasad, Mayjen TNI Nurchahyanto mengatakan bahwa tujuan dari kegiatan ini adalah untuk menyemarakkan HUT Kemerdekaan RI ke-75, serta meningkatkan silaturahmi dengan komponen bangsa dalam hal ini Komunitas Pelukis.

Lukisan Multatuli Menang Lomba Lukis Angkatan Darat

“Kita berharap melalui kreasi seni melukis ini, menjadi media untuk menyampaikan pesan-pesan mengenai protokol kesehatan dalam rangka melawan penyebaran Covid-19,” ungkapnya.

Ia juga menambahkan, Sterad menggandeng dewan juri antara lain Irawan Karseno Ketua Dewan Kesenian Jakarta (DKJ), Hanafi dari kalangan artis, dan Weye Haryanto dari kalangan Kurator.

Setelah dilakukan penjurian secara ketat, juara pertama diraih oleh Edi Kurniawan dengan judul lukisan Multatuli. Sedangkan juara dua diraih Aan Gunawan dengan judul lukisan Seorang Guru Kewajibannya Sangat Berat dalam Kemerdekaan dan juara tiga dengan judul lukisan Yang Kurawat Kemerdekaan Bermain dan Bahagia oleh pelukis Muhammad Widi.

Lukisan Multatuli Menang Lomba Lukis Angkatan Darat

Sedangkan untuk juara harapan satu diraih Mulyo Gunarso dengan judul Gapai Masa Depan, juara harapan dua diraih Ismail dengan judul Bendera Robek dan juara harapan tiga diraih Sudarto dengan judul lukisan Aku Mau Hidup (75+925) 1000 tahun lagi. Hadiah diserahkan langsung oleh Aster Kasad Mayjen TNI Nurcahyanto.

Ketua juri Irawan Karseno mengatakaan saat pengumuman pemenang, dirinya dan tim juri kesulitan dalam menentukan pemenang karena hasil karya para seniman yang ikut lomba sangat baik dan berkualitas.

“Secara keseluruhan, pemenang kali ini kami betul-betul seleksi, kemarin sampai tengah malam berdebat dan berdiskusi menentukan karya-karya terbaik dari kawan-kawan. Menurut kami semuanya baik. Sebagai masukkan kita tahu sekarang Indonesia menjadi bagian dunia global maka kita juga bisa memasukkan unsur-unsur internasional dalam karya seni”ungkapnya. (Dispenad)

Terkait

Kirim Tanggapan

Made with passion by Vicky Ezra Imanuel