Kodam XIV Hassanudin

Masyarakat Poso Dan TNI Saling Berbaur Pada Pelaksanaan I’Dul Adha

Dibaca: 37 Oleh 14 Sep 2016Tidak ada komentar
#TNIAD, #TNIADMengabdiDanMembangunBersamaRakyat

Perayaan hari raya I’dul Adha di wilayah Poso berlansung aman dan kondusif, seluruh masyarakat Poso datang beramai-ramai ke Mesjid untuk Shalat I’dul Adha termasuk juga prajurit TNI yang tergabung dalam Satgas Tinombala Poso.


Dankolakops TNI Tinombala Kolonel Inf  M Shaleh Mustafa sebelumnya pernah mengintruksikan kepada seluruh prajuritnya agar menyebar keseluruh titik, ikut menyatu dan berinteraksi dengan masyarakat dalam kegiatan Ibadah, jadikan sarana ibadah keagamaan bersama masyarakat sebagai  media untuk bersilaturahmi dan menjalin kedekatan dengan masyarakat Poso.

   Masyarakat Poso adalah masyarakat yang ramah dan suka bersahabat dengan siapapun, walaupun prajurit datang dengan berpakaian dinas loreng, masyarakat tidak merasa canggung atau menunjukkan muka sinis keaparat, keramahan mereka terlihat ketika mereka mengulurkan tangan sambil  mengucapkan salam.

Selanjutnya ketika pelaksanaan rangkaian ibadah dimulai TNI dan masyarakat saling berbaur, termasuk setelah kegiatan selesai masyarakat dan TNI kembali bersalam-salaman, bahkan ada yang saling berpelukan dan  terlihat jelas kehadiran TNI terasa bukan seperti orang lain tapi seperti saudara sendiri dan agaknya ini dapat pula menjadi pengobat rindu ketika prajurit berpisah dengan keluarga lantaran menjalani tugas.

   Sebelum perayaan I’dul Adha, prajurit menikmati suasana malam takbiran yang digelar masyarakat Poso berkeliling kota dengan meriah dan lancar, ini sudah cukup memberi bukti pertanda Poso tidak lagi mencekam dan jauh dari stigma ketakutan, semoga Poso terus membaik,masyarakatnya tidak mau diadudomba sehingga tidak ada lagi konflik. (Adrizal)

Kirim Tanggapan

Made with passion by Vicky Ezra Imanuel