Kodam II/Sriwijaya

Menembak Pendam Jaya  

Dibaca: 1423 Oleh 18 Jun 2014Tidak ada komentar
#TNIAD, #TNIADMengabdiDanMembangunBersamaRakyat

“Menembak adalah Kemampuan mutlak yang harus dimiliki oleh setiap Prajurit TNI, Tak terlepas walaupun Prajurit  tersebut bertugas disatuan Badan Pelaksana atau Staf”Hal ini dibuktikan oleh Prajurit Pendam Jaya yang melaksanakan Kegiatan Latihan Menembak Senjata Ringan Triwulan ll TA.2014 yang dipimpin langsung oleh Kepala Penerangan Kodam Jaya/Jayakarta Kolonel Inf Mukhtar S.I.P., Bertempat di lapangan Yonkav-7/Sersus Cijantung. Senin (16/06).

Latihan menembak ini menggunakan senjata jenis M-16 untuk laras panjang dengan jarak 100 meter dilakukan 3 sikap yaitu sikap berdiri, tiarap dan sikap duduk dan menembak TTO ( Tembak Tempur Opensif) dengan jarak 80 meter, 70 meter dan 50 meter serta menembak Pistol  dengan jarak 15 meter sikap berdiri. Tujuan dari latihan menembak senjata ringan adalah untuk meningkatkan kemampuan menembak senjata laras panjang dan pistol untuk tingkat perorangan sesuai TOP/DSPP yang berlaku. Dalam latihan menembak ini anggota diharuskan dapat memahami dibidang  pengetahuan  tehnik dan taktik menembak  tentang  karakteristik  Senapan M-16 dan dasar menembak.

Sasaran yang ingin dicapai dalam latihan menembak ini Prajurit Penerangan Kodam Jaya dituntut mampu menembak senapan dengan nilai minimal, perkenaan munisi di lesan 80% dan akumulasi nilai perkenaan munisi di lesan 70%. Untuk Perwira mampu menembak Pistol dengan nilai minimal, perkenaan munisi di lesan 80% dan akmulasi nilai perkenaan munisi di lesan 70%. Selain itu para Prajurit juga dituntut harus mampu mengatasi permasalahan tehnis menembak di Lapangan dengan Cepat, Tepat dan Benar.

Kemahiran dalam menembak tetap harus dikuasai oleh seorang Prajurit Penerangan dan bukan hanya mahir dalam menembak dalam tulisan. Sebelum melaksanakan menembak dengan munisi tajam maka didahului dengan drill kering/acu bidik, tembakan pengelompokan dan tembakan penilaian. Kapendam Jaya dalam arahannya menyampaikan bahwa dalam latihan menembak ini utamakan faktor keamanan jika terjadi kendala pada saat latihan segera laporkan kepada agar segera dapat diatasi.

Kirim Tanggapan

Made with passion by Vicky Ezra Imanuel