Kodam I/Bukit Barisan

Meningkatkan Kesiapan Prajurit Korem 032/Wbr Gelar Latihan Penanggulangan Bencana

Dibaca: 9 Oleh 18 Sep 2015Tidak ada komentar
#TNIAD, #TNIADMengabdiDanMembangunBersamaRakyat

Padang (18/9/2015), Untuk meningkatkan kemampuan dan kesiapan Prajurit dalam menghadapi bencana alam, Korem 032/Wirabraja melaksanaan latihan penanggulangan bencana alam selama 7 hari mulai tanggal 14-20 September 2015 bertempat di Komplek Makorem Jln. Jenderal Sudirman No.29 Padang Sumatera Barat.

Kegiatan ini merupakan bagian dari pelaksanaan program kerja Korem 032/Wbr TA. 2015 bidang pembinaan latihan dan pembinaan satuan, latihan ini diikuti oleh seluruh Prajurit Korem 032/Wbr se Garnizun Padang termasuk unsur Balak Aju yang ada di wilayah Padang yang di kelompokkan menjadi klaster-klaster sesuai bidang tugas dan tanggung jawab masing-masing dalam pelaksanaan penanggulangan bencana.

Selain untuk meningkatkan kemampuan dan kesiapan Prajurit dalam penanggulangan bencana alam latihan ini juga bertujuan untuk menguji kesiapan operasional Prosedur tetap yang ada untuk dilakukan perbaikan dan penyempurnaan terhadap kekurang siapan dalam operasional dilapangan, sehingga keberadaan Protap penanggulangan bencana Korem 032/Wbr benar-benar operasional.

Kepala seksi operasi Korem 032/Wbr Letkol Inf Wawan Erawan yang memimpin langsung pelaksanaan latihan, dalam kesempatan tersebut menyampaikan kepada seluruh peserta latihan untuk tetap semangat,ikhlas,sungguh-sungguh dan serius, mengingat kegiatan ini adalah untuk membekali diri kita dalam menghadapi datangnya bencana alam.

Latihan yang disekenariokan bahwa telah terjadi gempa bumi berkekuatan 8,9 SR dengan pusat gempa di bawah kepulauan Siberut dan berpotensi Tsunami, untuk datangnya gelombang Tsunami di pantai Padang dan sekitarnya maka diperkirakan hanya ada kesempatan waktu sekitar 25 menit saja bagi masyarakat Padang dan sekitarnya untuk menyelamatkan diri.

Dalam latihan ini selain dilatihkan cara penyelamatan diri dan keluarga dari ancaman gempa yang berpotensi Tsunami juga dilatihkan bagaimana peran dan fungsi kita sebagai Prajurit untuk membantu masyarakat dan korban yang terdampak bencana termasuk dari sisi pencarian, evakuasi, pertolongan pertama korban yang masih hidup, pengurusan masyarakat dipengungsian, memberikan bantuan logistik dan makanan hingga berakhirnya masa tanggap darurat.

Setelah selama 4 hari yang lalu peserta latihan menerima materi secara teori dalam pembekalan yang diberikan oleh BPBD, PMI, Basarnas dan dari Pakar Vulkanologi Sumbar Bapak Badrul, hari ini latihan dilaksanakan dalam bentuk Driil Tehnis dan menurut rencana besok akan dilaksanakan Drill Taktis dan Gladi Lapang.

Kirim Tanggapan

Made with passion by Vicky Ezra Imanuel