Kodam V/Brawijaya

Mewujudkan Swasembada Pangan, Koramil dan Petani Giat Tanam Padi

Dibaca: 257 Oleh 19 Jan 2016Tidak ada komentar
#TNIAD, #TNIADMengabdiDanMembangunBersamaRakyat

Bangkalan,- Bintara  Pembina Desa (Babinsa) Koramil 02/Socah Kodim 0829/Bangkalan motori gerakan swasembada pangan, bersama petani menanam Padi milik Bpk. Hadid di Dusun Jeddih Timur Desa Jeddih Kecamatan Socah, Kabupaten Bangkalan. Selasa 19 Januari 2016.

“Kegiatan ini cukup strategis, karena merupakan bagian dari sistem peringatan dini terkait dengan kecendrungan kebutuhan pangan yang terus meningkat,” kata Dandim 0829/Bangkalan Letkol Inf Sunardi Istanto, Selasa 19 Januari 2016.

Letkol Inf Sunardi Istanto berharap, melalui penanaman padi dalam pencanangan gerakan swasembada pangan dapat dijadikan momentum membangkitkan ketahanan pangan berbasiskan sumber daya lokal.

Selain itu, lanjutnya, dapat memberi manfaat sebesar-besarnya bagi tercipatanya swasembada pangan di Kabupaten Bangkalan.

“Upaya itu akan direalisasikan melalui program peningkatan produksi dan produktifitas pertanian melalui pemanfaatan lahan-lahan yang tersedia. Pangan merupakan kebutuhan manusia yang paling esensial,” katanya.

Menurutnya, ketersediaan pangan bagi masyarakat luas harus terjamin. Sedangkan untuk mencapai ketahanan pangan yang kuat, tentunya mutlak dibutuhkan tekad, kesungguhan dan kerja keras, pendekatan sistematis dan koordinasi semua pihak.

Letkol Inf Sunardi Istanto, juga mengajak segenap masyarakat untuk mengurangi konsumsi beras melalui diversifikasi pangan dengan mengkonsumsi makanan yang bersumber dari hasil pertanian seperti ubi, jagung dan tanaman umbi lainnya.

Diakuinya, Bangkalan sebagai wilayah yang menghadapi banyak tantangan seiring dengan pertambahan jumlah penduduk, konversi lahan yang digunakan pemukiman baru dan perubahan iklim.

Sementara Danramil 02/Socah Lettu Kav Imam Ghazali mengatakan, seluruh jajarannya melalui Babinsa siap mendukung sepenuhnya penacanangan swasembada pangan. “Apalagi petugas Babinsa telah diajarkan tentang pengetahuan terkait pertanian,” ujarnya.

Dikatakannya, petugas Babinsa akan membantu dengan seikhlasnya mulai dari pembibitan, penanaman, pemupukan serta pemanenan.

“Jika hasil pertanian yang dilakukan ini nantinya bagus tentunya akan mengispirasi petani lainnya untuk mengikuti mulai dari bercocok tanam, pemupukan, pola tanam maupun yang lainnya,” tutup Danramil.

Terkait

Kirim Tanggapan

Made with passion by Vicky Ezra Imanuel