Kodam VI/Mulawarman

Pamdal Gelar Pelatihan Guna Meningkatkan Kualitas

Dibaca: 157 Oleh 22 Sep 2015Tidak ada komentar
#TNIAD, #TNIADMengabdiDanMembangunBersamaRakyat

Samarinda, Sebanyak 37 orang anggota Pengamanan Dalam (Pamdal) DPRD Provinsi Kaltim kembali mengikuti pelatihan dan pembinaan Prosedur Operasi Standar (SOP) pengamanan terhadap objek vital di DPRD Kaltim, Senin (21/9).

Selaku Inspektur upacara, pembukaan pelatihan pembinaan mental, disiplin dan etika bagi personel Pengamanan Dalam (Pamdal) Sekretaris DPRD Kaltim (Sekwan) Achmadi. Pelatihan tersebut bekerjasama dengan Komando Resor Militer 091/Aji Suryanata Kesuma, upacara pembukaan ini dikomandani Pasibinwanwil Korem 091/ASN Mayor Inf Rahmad, ditandai dengan penyematan pita kepada perwakilan peserta pelatihan.

Dalam amanatnya Komandan Korem 091/ASN Brigadir Jendral TNI Teguh Arief Indratmoko yang disampaikan oleh Sekretaris DPRD Kaltim Achmadi menyampaikan bahwa sistem pertahanan Negara Indonesia adalah sistem pertahanan yang bersifat semesta, melibatkan seluruh warga negara, wilayah, dan sumber daya nasional lainnya serta dipersiapkan secara dini oleh pemerintah dan diselenggarakan secara terpadu, terarah dan berlanjut untuk menegakkan kedaulatan negara, keutuhan wilayah dan keselamatan dari segala ancaman.

Satuan pengamanan khususnya Pamdal yang ada di Sekretariat DPRD Provinsi Kaltim merupakan salah satu komponen warga negara yang dipersiapkan secara dini untuk masuk dalam sistem pertahanan Negara pada saat negara dalam keadaan perang. Pada saat negara dalam keadaan damai dapat digunakan untuk melaksanakan tugas sebagai satuan pengamanan dalam di lingkungan Sekretariat DPRD Provinsi Kalimantan Timur, ujarnya.

Diharapkan para peserta menjadi ujung tombak pengamanan di DPRD Kaltim nantinya sehingga mampu menganalisa dan mengambil keputusan yang berkaitan dengan pengamanan sebagai komponen rakyat terlatih pada sistem pertahanan keamanan rakyat semesta yang kita anut.

Kasi Ter Korem 091/ASN Letkol Inf Eddy Kasmadi menyampaikan bahwa pelatihan berlangsung selama enam hari, yaitu sejak dibuka pada Senin 21 hingga 26 September 2015 mendatang, sedangkan untuk materi kegiatannya, meliputi ketahanan Nasional, pengetahuan pengamanan terbuka dan tertutup, PBB/PPM, pengetahuan disiplin Nasional dan etika, pengetahuan bahaya laten komunis, pengetahuan computer, Caracter Building dan hanmars.

Hadir dalam acara tersebut Kabag Humas DPRD Kaltim Hl. Eka Wahyuni, S.Sos, MM, Kasubag Pelayanan Masyarakat Husaini, BC, Staf Humas Sopian, Pasibakti TNI Mayor Inf Aji, Pasibinwanwil Mayor Inf Rahmad, Pasi Intel Mayor Inf M. Alex, dan seluruh Peserta Pamdal DPRD Prov. Kaltim. (Penerangan Korem 091/ASN).

Terkait

Kirim Tanggapan

Made with passion by Vicky Ezra Imanuel