Kodam II/Sriwijaya

Pangdam II/Swj Berangkatkan Satgas Pamtas Yonif 144/JY

Dibaca: 440 Oleh 22 Jan 2016Tidak ada komentar
#TNIAD, #TNIADMengabdiDanMembangunBersamaRakyat

Palembang, Untuk kesekian kalinya Kodam II/Swj mendapatkan kepercayaan dari pimpinan TNI dalam melaksanakan tugas operasi di daerah perbatasan Kalimantan.

Sebagai prajurit, tugas operasi ini harus dimaknai sebagai amanah, kepercayaan, kehormatan dan kebanggaan, karena tidak setiap prajurit mendapatkan kesempatan melaksanakan penugasan seperti ini. Oleh karena itu, laksanakan tugas ini dengan penuh totalitas, semangat pengabdian, profesionalitas, dedikasi, disiplin dan rasa tanggung jawab yang tinggi.

Demikian dikatakan Pangdam II/Swj Mayjen TNI Purwadi Mukson, S.I.P., pada upacara Pemberangkatan Satgas Pamtas Yonif 144/JY ke Kalimantan Barat (Kalbar), Jum’at (22/1/2016) yang berlangsung di Pelabuhan Pulau Bay Bengkulu.

Pangdam juga mengatkan bahwa Provinsi Kalimantan Barat yang akan menjadi tempat penugasan Satgas Yonif 144/JY memiliki beberapa potensi kerawanan, terutama berkenaan dengan aktivitas kegiatan illegal seperti illegal logging, illegal minning, human trafficking, pelintas batas dan kriminalitas seperti penyelundupan Narkoba, yang kerap memanfaatkan celah yang ada di wilayah perbatasan.

“Oleh sebab itu, keberadaan Satgas Pamtas RI – Malaysia Yonif 144/JY diharapkan dapat membantu mengamankan wilayah perbatasan dan sekaligus mampu membantu mengatasi permasalahan tersebut”, ujarnya.

Pangdam juga menambahkan bahwa, setibanya di daerah penugasan agar segera melakukan adaptasi dan selalu waspada. “Kenali betul adat dan budaya serta karakter masyarakat setempat, karena hal ini penting dilakukan guna mendapatkan dukungan dari masyarakat. Implementasikan Sapta Marga, Sumpah Prajurit dan 8 Wajib TNI, taati dan ikuti semua petunjuk maupun perintah atasan serta Protap-Protap yang berlaku”, tandas Mayjen Purwadi.

Dihadapan segenap prajurit Satgas Yonif 144/Jaya Yudha, Pangdam II/Swj mengucapkan selamat jalan dan selamat bertugas, semoga sukses dalam melaksanakan tugas mulia ini. Do’a kami semua menyertai langkah dan pengabdian kalian. ”Harapan kita semua, semoga Satgas Ops Pamtas Yonif 144/JY yang merupakan kebanggaan kita bersama ini, berangkat dan kembali dalam keadaan lengkap dan selamat serta berhasil dengan gemilang”, ujarnya.

Untuk diketahui, Satgas Pamtas RI – Malaysia Yonif 144/JY akan bergabung bersama-sama Satgas Pamtas Yonif 312 Kodam III/Siliwangi, menggantikan Satgas Yonif 644 Kodam XII/Tanjung Pura dan Yonif 132 Kodam I/Bukit Barisan yang akan purna tugas.

Satgas Gabungan ini bertugas melaksanakan operasi pengamanan perbatasan wilayah darat RI – Malaysia, mencegah terjadinya pergeseran patok-patok batas di wilayah perbatasan, membantu tugas dan fungsi instansi terkait bidang Kamtibmas, Keimigrasian, Bea Cukai dan penanganan awal terhadap pelanggaran tindakan ilegal dan beberapa tugas lainnya.

Hadir pada acara tersebut, Kapolda, Danrem 041/Gamas, Danlanal, Bupati beserta Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (FKPD) Bengkulu, Ketua Persit Koorcab Rem 044/Gamas beserta anggota keluarga Prajurit Yonif 144/JY. (Pendam II/Swj).

Terkait

Kirim Tanggapan

Made with passion by Vicky Ezra Imanuel