Kodam V/Brawijaya

Pangdam V/Brawijaya Buka Gladi Posko l Korem 081/DSJ

Dibaca: 848 Oleh 27 Nov 2014Tidak ada komentar
#TNIAD, #TNIADMengabdiDanMembangunBersamaRakyat

Rabu 26 November 2014, Pangdam V/Brawijaya Mayor Jenderal TNI Eko Wiratmoko, S. Sos membuka Upacara Pembukaan Latihan Posko I Korem 081/DSJ bertempat di Halaman depan Makorem 081/DSJ Jl. Pahlawan No. 50 Kota Madiun. (26/11).

Diselenggarakannya kegiatan Latihan Geladi Posko I ini, pada dasarnya bertujuan untuk meningkatkan kesiapan satuan dalam menghadapi setiap tugas yang diberikan Komando. Latihan ini juga diharapkan dapat meningkatkan kemampuan Komandan dan Staf Korem 081/DSJ dalam melaksanakan prosedur hubungan Komandan dan Staf. Penguasaan mekanisme hubungan Komandan dan Staf sangatlah penting untuk memudahkan proses pengambilan keputusan yang cepat dan tepat serta pelaksanaan kegiatan yang terukur, terawasi dan terkendali dengan baik. Tegas Pangdam V/Brawijaya Mayor Jenderal TNI Eko Wiratmoko, S. Sos, mengawali amanatnya pada Upacara Pembukaan latihan Posko l Korem 081/DSJ.

Terkait dengan hal itu, maka latihan yang dilaksanakan di Wilayah Korem 081/DSJ ini, saya nilai tepat mengingat kondisi geografis wilayah Korem ini yang terdiri dari pegunungan dan sungai, cukup renta terhadap kemungkinan terjadinya bencana alam, baik berupa gempa bumi, gunung meletus, longsor dan banjir.

Lebih lanjut Pangdam V/Brawijaya menekankan untuk mencapai tujuan dan sasaran yang diinginkan, maka dalam Latihan Posko I ini akan diberikan pembekalan dan pelatihan beberapa materi mulai dari tahap perencanaan, persiapan, pelaksanaan dan pengakhiran operasi. Berbagai materi pokok yang akan dilatihkan meliputi Analisa Tugas Pokok, Petunjuk Perencanaan, Perkiraan Keadaan, Keputusan dan Konsep Umum Operasi Rencana Operasi/Perintah Operasi, Komando Pengendalian Operasi dan Operasi Bantuan Penanggulangan Bencana Alam.

Diakhir amanatnya Pangdam V/Brawijaya memberikan beberapa penekanan sebagai pedoman dalam pelaksanaan latihan antara lain 1. Laksanakan latihan ini dengan sungguh-sungguh sesuai tugas, fungsi dan tanggung jawab jabatan masing-masing dengan optimal, agar tujuan serta sasaran latihan dapat tercapai dengan maksimal. 2. Perluas dan kembangkan inovasi, dan wawasan berpikir jauh kedepan agar kita selalu memiliki kepekaan dan ketanggap segeraan dalam menyikapi berbagai bentuk tantangan tugas termasuk tugas bantuan penanggulangan bencana alam di wilayah tugas. 3. Tingkatkan kemampuan Komandan dan Staf dalam melaksanakan Komando dan Pengendalian pada setiap kegiatan. 4. Manfaatkan latihan ini sebagai sarana untuk mengadakan intropeksi terhadap kemampuan komandan dan staf di satuan. 5. Usahakan agar semua rencana berjalan tepat waktu dan mencapai sasaran yang diharapkan sehingga dapat memberikan nilai tambah bagi peningkatan profesionalisme Komandan dan Staf.

Turut hadir dalam kegiatan upacara pembukaan Latihan Posko I kali ini, Asintel, Asops, Aster Kasdam V/Brw dan Kapendam V/Brw, Danrindam V/Brw, Danlanu Iswahjudi, Komandan Korem 081/DSJ, Ka Bakorwil Madiun, Bupati Madiun, para Dandim jajaran Rem 081/DSJ, para Dan/Kadisjan Wil. Madiun, jajaran Muspika Kab/Kota Madiun, Kapolres Kab/Kota madiun, Danyonif 511/DY, Danyonif 521, Danyonif Linud 501/BY, Danyon Armed 12/Kostrad, Danyon Zipur-5 dan para undangan lainya. (Ls)

Terkait

Kirim Tanggapan

Made with passion by Vicky Ezra Imanuel