Skip to main content
Kostrad

Pangkostrad Hadiri Apel Gelar Pasukan Kesiapan Dalam Mengamankan Serta Menyukseskan Pemilu 2024

Dibaca: 52 Oleh 09 Nov 2023Tidak ada komentar
Aksi Ijo Baret Hijau, Kostrad Tanam 1.000 Pohon di Lahan Tidur Jakarta
#TNIAD #TNIADMengabdiDanMembangunBersamaRakyat

JAKARTA, tniad.mil.id -Kostrad (Pangkostrad) Letnan Jenderal TNI Maruli Simanjuntak, M.Sc, menghadiri apel gelar pasukan kesiapan dalam mengamankan serta menyukseskan Pemilu 2024 yang di pimpin Kepala Staf Angkatan Darat (Kasad) Jenderal TNI Agus Subiyanto, S.E., M.Si., di Lapangan Silang Monas, Jakarta. Rabu (8/11/2023).

Penyelenggaraan Apel ini ditujukan untuk mengecek kesiapan satuan jajaran TNI AD dalam menghadapi tugas pengamanan Pemilu, bukan hanya dilakukan secara terpusat oleh jajaran TNI AD di wilayah Garnisun 1 Jakarta saja, melainkan juga digelar secara tersebar di jajaran TNI AD di seluruh Indonesia. Untuk itu, Kasad juga menyempatkan diri melakukan video conference kepada seluruh Pangdam yang memimpin Apel Gelar Pasukan di satuannya masing-masing.

Dalam amanatnya, Kasad menyampaikan bahwa Apel Gelar Pasukan ini merupakan implementasi tugas pokok TNI AD, yang tidak terlepas dari dinamika perkembangan lingkungan strategis yang begitu kompleks dan dinamis, baik di lingkup global, regional, maupun nasional.

“Sebagai salah satu garda terdepan, TNI AD harus memiliki tingkat kesiapsiagaan yang optimal, sehingga siap menjalankan amanat dari tugas negara, kapan pun dan dimana pun dibutuhkan, sesuai dengan visi “TNI AD yang PRIMA”, yaitu Profesional, Responsif, Integratif, Modern dan Adaptif,” ujarnya.

Baca juga:  Dalam Rangka HUT Ke-16, Denpal Divif 2 Kostrad Laksanakan Napak Tilas dan Syukuran

Dalam kesempatan tersebut, Kasad mengungkap, lebih dari 115.000 personel TNI AD, siap mengamankan seluruh Tempat Pemungutan Suara (TPS) di seluruh wilayah tanah air, bersama-sama dengan personel dari matra lain dan Polri.

Usai memimpin Apel, Kasad juga menyaksikan Deklarasi Pemilu Damai yang dibacakan oleh Ketua Bawaslu DKI Jakarta, diikuti oleh para Ketua Partai Politik tingkat DKI Jakarta, serta dilanjutkan dengan penandatanganan Deklarasi.

“Deklarasi Pemilu Damai ini akan terus kita gelorakan di seluruh wilayah, sehingga Pemilu Damai bisa terlaksana, demi kesejahteraan masyarakat,” tutur Kasad seraya menyebut bahwa Angkatan Darat memiliki rencana tindakan kontijensi yang pemetaannya berada di tangan Pangdam dan telah disesuaikan dengan kerawanan yang ada (Dispenad).

Kirim Tanggapan

made with passion and dedication by Vicky Ezra Imanuel