Pasukan Garuda

Pasukan Garuda TNI Di Sudan Gelar Peringatan Tahun Baru 1439 Hijriyah

Dibaca: 12 By 24 Sep 2017Januari 19th, 2018Tidak ada komentar
Pasukan Garuda TNI Di Sudan Gelar Peringatan Tahun Baru 1439 Hijriyah
#TNIAD, #TNIADMengabdiDanMembangunBersamaRakyat

TNI AD – Sudan. Satgas Batalyon Komposit TNI Konga XXXV-C l/Unamid menyelenggarakan kegiatan keagamaan dalam rangka memperingati Tahun Baru 1439 Hijriyah di Mesjid At-Tauhid Indobatt Camp, Sudan, Afrika, Rabu (20/9/2017).

Kegiatan yang dilaksanakan usai Shalat Ashar itu dihadiri oleh beberapa tamu dari Unamid Sector West Staff dan para prajurit Indobatt-03 yang telah selesai melaksanakan tugas rutin patroli.

Perayaan Tahun Baru 1439 Hijriyah diawali dengan kata sambutan oleh Komandan Satgas Letkol Inf Syamsul Alam, S.E., yang menyampaikan bahwa tidak terasa kita sudah berada di penghujung tahun Hijriyah yakni di bulan Dzulhijah dan sebentar lagi kita akan memasuki awal bulan Muharram yakni awal tahun baru dalam kalender Islam.

Sebelum Rasulullah berhijrah dari Makkah ke Yathrib, diperkirakan bulan dibuat mengikuti tahun Masehi. Hijrah Rasulullah memberi kesan besar kepada Islam dari sudut dakwah Rasulullah, ukhuwwah dan syiar Islam itu sendiri. Pada asasnya, Muharram membawa maksud ‘diharamkan’ atau ‘dipantang’, yaitu Allah SWT melarang melakukan peperangan atau pertumpahan darah. Namun demikian larangan ini dihapuskan setelah pembukaan Makkah (Al Baqarah: 91). Sejak penghapusan itu, umat Islam boleh melaksanakan tugas dan ibadah harian tanpa terikat lagi dengan larangan.

Baca juga:  Key Leader Engagement, Kunci Satgas Konga XXIII-M, Menangkan Hati Rakyat Lebanon

Dalam kesempatan itu juga diadakan siraman rohani yang disampaikan oleh Sersan Mayor SSA Idris, S.Pd.I. Dimana dalam isi ceramahnya Serma Idris mengajak jamaah yang hadir untuk memaknai Hijriyah modern zaman sekarang ini dengan senantiasa meningkatkan ketaqwaan kepada Allah SWT dengan meninggalkan hal-hal yang negatif. “Mari kita isi tahun baru ini dengan meningkatkan ibadah melalui Sholat yang Khusyu, akhlak yang terpuji, dzikir dan puasa sunah, terlebih lagi ibadah yang wajib jangan pernah kita tinggalkan,” tuturnya.

Dirinya juga berharap semoga para jemaah yang hadir dapat beristiqomah menjalankan perintah-perintah Allah SWT sampai akhir hayat, serta semoga selalu mendapat hidayah dan petunjuk-Nya. “Semoga hari ini, bulan ini, dan tahun selanjutnya ibadah kita muamalah kita lebih baik dari tahun sebelumnya. Kemudian penceramah memimpin pembacaan doa akhir tahun baru Hijriyah,” katanya.

Usai kegiatan, acara dilanjutkan dengan melaksanakan Sholat Maghrib berjamaah kemudian membaca doa tutup tahun, melaksanakan Sholat Taubat dan dilanjutkan pelaksanaan Sholat Tasbih secara berjamaah.

Sebagai penutup acara peringatan Tahun Baru Hijriyah yaitu para jamaah melaksanakan Sholat Isya berjamaah.

Baca juga:  Dansatgas Konga XX-M Hadiri HUT Angkatan Darat Kerajaan Maroko

Terkait

Kirim Tanggapan

Made with passion by Vicky Ezra Imanuel