Skip to main content
Satgas Pamtas

Patroli Terkoordinasi Satgas Yonarmed 19/105 Trk Bogani dan Unit 13 RAMD TDM di Serawak–Kalimantan Barat

Dibaca: 39 Oleh 25 Nov 2022Tidak ada komentar
Patroli Terkoordinasi Satgas Yonarmed 19/105 Trk Bogani dan Unit 13 RAMD TDM di Serawak–Kalimantan Barat
#TNIAD, #TNIADMengabdiDanMembangunBersamaRakyat

JAKARTA, tniad.mil.id – – Upaca pembukaan kegiatan Patroli Terkordinasi antara TNI AD dengan Tentara Diraja Malaysia (TDM) tahun Siri 2/2022 di wilayah Serawak dan Kapuas Hulu, Kalimantan Barat dilaksanakan di Pos Gabma Lubuk Antu Malaysia yang dibuka oleh Ketua Staf 3 Briged TDM, Letnan Kolonel Ameruddin bin Haji Razali.

Hal tersebut disampaikan Dansatgas Pamtas RI-Malaysia Yonarmed 19/105 Trk Bogani, Letkol Arm Edi Yulian Budiargo, S.Sos., M.Han. dalam rilis tertulisnya di Makotis Badau, Kecamatan Nanga Badau, Kabupaten Kapuas Hulu, Kalimantan Barat, Kamis (24/11/2022).

Dansatgas mengatakan bahwa Kegiatan patroli terkoordinasi ini merupakan salah satu hasil dari pelaksanaan kegiatan Unit Commander Meeting (UCM) antara TNI AD dan TDM.

“Kegiatan patroli terkoordinasi ini merupakan bagian pembahasan dari Unit Commander Meeting (UCM), pelaksanaan kegiatan bilateral yang bertujuan untuk mempermudah komunikasi, koordinasi, dan menghindari terjadinya kesalahpahaman ataupun mencegah terjadinya provokasi yang dapat merugikan antara kedua institusi pelaksana operasi pengaman perbatasan darat RI-Malaysia.

“Bentuk kerjasama yang telah dilaksanakan antara pasukan kedua negara yang tengah melaksanakan operasi pengamanan perbatasan telah diwujudkan dalam bentuk kegiatan patroli terkordinasi, olahraga bersama, kegiatan Ibadah, Program Anak Asuh dan kunjungan kerja dari Indonesia yang diwakili Kolakops Korem 121/Alambahana Wanawai dan dari Malaysia diwakili oleh 3 Briged, TDM, ” jelas Dansatgas.

Selanjutnya, dalam amanat Ketua Staf 3 Briged TDM, Letnan Kolonel Ameruddin bin Haji Razali menyampaikan bahwa kegiatan patroli terkoordinasi yang dilaksanakan secara bersama antara Satgas Pamtas TNI-AD, Yonarmed 19/105 Trk Bogani dengan Pasukan Pamtas Malaysia Unit 13 RAMD ini, selain sebagai simbol kebersamaan, juga merupakan bentuk aplikasi eratnya persahabatan antara kedua Angkatan Bersenjata yaitu TNI AD dan TDM.

Kegiatan Patkor dilaksanakan pada tanggal 24 November s.d. 1 Desember 2022 dengan melibatkan dari TNI Satgas Yonarmed 19/105 Trk Bogani sebanyak 20 personel dan TDM dari Unit 13 RAMD sebanyak 20 personel. Kelompok patroli terbagi menjadi dua Tim dengan komposisi masing-masing 10 personel gabungan TNI dan TDM.

Upacara Pembukaan Patkor tersebut dihadiri oleh, Kasiops Kolakops Korem 121/Abw Kolonel Inf. Iwan Purbantoro, Kasintel Kolakops Korem 121/Abw Kolonel Inf Fadjar Moch Sjafrudin, Ketua Staf 3 Briged Letnan Kolonel Ameruddin bin Haji Razali, Mayor Arm Ismail Pa ILO TNI Sibu, Letkol Arm Edi Yulian Buadiargo selaku Dansatgas Yonarmed 19/105 Trk Bogani, Lt Kol. Shamsuddin bin Adnan Peg Mem 13 RAMD, Mej Carl Hansen anak Sapoi. PS 2 Latih, Mej Muhammad Dhia’uddin bin Md Azizan Peg Gerak 13 RAMD, Mej. Nazrin Ketua Kompi Pos Lubuk Antu, Capt. Muhammad Aizat bin Azrul Hisham PS 3 Gerak, Kasdim 1206/Psb, Pasiops Kodim 1205/Stg, 20 personel dari Satgas Pamtas Yonarmed 19/105 Trk Bogani (TNI) dan 20 personel Unit 13 RAMD TDM. (Dispenad)

Kirim Tanggapan