Satgas Pamtas

Peduli Kesehatan, Satgas Yonif 403 Bantu Puskesmas Lakukan Layanan Posyandu di Perbatasan

Dibaca: 26 Oleh 24 Apr 2021Tidak ada komentar
Peduli Kesehatan, Satgas Yonif 403 Bantu Puskesmas Lakukan Layanan Posyandu di Perbatasan
#TNIAD, #TNIADMengabdiDanMembangunBersamaRakyat

JAKARTA, tniad.mil.id – Salah satu bentuk kepedulian terhadap kesehatan balita dan ibu hamil, Satgas Pamtas RI – PNG Yonif 403/Wirasada Pratista Pos Batom bekerja sama dengan Puskesmas Batom melaksanakan kegiatan Posyandu di Kampung Batom 2 (dua), Distrik Batom, Pegunungan Bintang, Papua.

Demikian disampaikan Dansatgas Pamtas Yonif 403/WP Letkol Inf Ade Pribadi Siregar, S.E., M.Si., dalam keterangan tertulisnya di Kabupaten Keerom, Papua Sabtu, (24/4/2021).

Dijelaskan Dansatgas, pelayanan Posyandu ini sangat penting dilakukan agar asupan gizi dan nutrisi balita dan ibu – ibu hamil tetap terjaga dengan baik, serta untuk menjaga daya tahan tubuh balita agar memiliki anti body yang kuat terhadap virus juga bakteri jahat.

“Oleh karenanya bagi ibu-ibu hamil dan Balita, layanan posyandu ini sangatlah penting,” ujarnya.

Ia mengatakan, Anggota Satgas dari Pos Batom turut aktif membantu Kegiatan Posyandu yang dipimpin oleh Kepala Puskesmas Distrik Batom, Niko Kasipmabin (55) tersebut.

“Sertu Dwi Purnomo Bintara Kesehatan dari Pos Batom bersama 4 anggota lainnya kita terjunkan untuk membantu warga dalam pelayanan kesehatan Posyandu,” terang Dansatgas.

Peduli Kesehatan, Satgas Yonif 403 Bantu Puskesmas Lakukan Layanan Posyandu di Perbatasan

Dalam kegiatan itu, papar Dansatgas, pihaknya juga terus mengingatkan kepada warga akan pentingnya menjaga kesehatan dan membiasakan hidup bersih.

“Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) dalam tatanan rumah tangga harus dapat diketahui, dimengerti, dan dapat dipraktekkan,” ungkap Ade.

“TNI akan selalu hadir di tengah masyarakat dalam situasi apapun dan di manapun, tujuannya adalah agar bisa memberikan pelayanan yang terbaik untuk masyarakat dengan penuh keikhlasan dan ketulusan”, tegas Dansatgas Letkol Inf Ade.

Sementara itu Niko Kasipmabin menyampaikan bahwa pada kegiatan Posyandu kali ini, diikuti oleh belasan ibu – ibu beserta puluhan balita dari Kampung Batom 2, dengan melaksanakan penimbangan ibu-ibu hamil dan balita, pemberian susu untuk ibu-ibu hamil, pemberian makanan tambahan untuk balita serta penyuluhan tentang 10 (sepuluh) Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) di dalam Rumah tangga.

10 Perilaku PHBS tersebut, jelas Niko yaitu, pertolongan persalinan oleh tenaga kesehatan, memberi bayi Air Susu Ibu (ASI) Eksklusif, menimbang balita setiap bulan, menggunakan air bersih, mencuci tangan dengan air bersih dan sabun, menggunakan jamban sehat, memberantas jentik di rumah sekali seminggu, makan buah dan sayur setiap hari, melakukan aktivitas fisik setiap hari dan tidak merokok di dalam rumah.

“Belasan ibu – ibu dan puluhan Balita dari Kampung Batom 2 (dua) mengikuti pelayanan Posyandu. Kegiatan mulai dari penimbangan ibu-ibu hamil dan balita, hingga penyuluhan tentang PHBS,” tandasnya. (Dispenad)

Terkait

Kirim Tanggapan

Made with passion by Vicky Ezra Imanuel