Kodam I/Bukit Barisan

Peningkatan Kemampuan Babinsa Tersebar Dalam Rangka Wujudkan Swasembada Pangan Di Wilayah Kodim 0320/Dumai

Dibaca: 64 Oleh 14 Sep 2015Tidak ada komentar
#TNIAD, #TNIADMengabdiDanMembangunBersamaRakyat

Untuk meningkatkan kemampuan Babinsa dalam rangka mewujudkan swasembada pangan di wilayah, Kodim 0320/Dumai bekerjasama  dengan  Distanbunhut Kota Dumai menggelar Diklat Teknis Budidaya Padi, Jagung dan Kedelai (Pajale) bagi Babinsa.

Kegiatan ini dilaksanakan selama tiga hari yang dibuka langsung oleh Dandim 0320/Dumai Letkol Kav Afkar Mulya, SE bertempat di Aula Sudirman Kodim 0320/Dumai, yang dihadiri  oleh Kabid Hanpangan Distanbunhut Kota Dumai Drs. Sudi Khairul, Pasi Ter, Pra Danramil dan peserta seluruh Babinsa Kodim 0320/Dumai.

dalam kesempatan tersebut, para Babinsa selain mendapatkan materi tetapi juga dibekali praktek penanaman padi di Santo Bukit Datuk dan praktek penanaman jagung dan kedelai di BPP Kec. Bukit Kapur Dumai. P.

Dalam sambutannya Dandim 0320/Dumai Letkol Kav Afkar Mulya, SE menyampaikan bahwa kegiatan peningkatan kemampuan Babinsa tersebar yang di laksanakan oleh Kodim 0320/Dumai adalah untuk memberikan keterampilan kepada Para Babinsa tetutama bercocok tanam padi, jagung dan kedelai. Walaupun Kota Dumai tidak termasuk dalam Program Upsus pajale Riau, kita tetap harus meningkatkan swasembada pangan di Kota Dumai.

Dandim menuturkan bahwa para Babinsa nantinya di lapangan bertugas sebagai pendampingan yang bekerjasama dengan PPL Pertanian dilapangan, jalin kerjasama yang baik adakan koordinasi sehingga turun kelapangan dengan bersama-sama. Himbau para petani untuk menanam padi secara serentak dan menggunakan bibit varietas unggul dan manfaatkan subsidi pupuk yang telah diberikan oleh Pemerintah untuk meningkatkan hasil produksi pajale.

Setelah dilakukan kegiatan teori yang diberikan oleh Kasi Sarpras Distanbunhut Kota Dumai Bapak Rasyid dilanjutkan dengan kegiatan praktek mulai dari pengolahan lahan, pemberian pupuk organik kemudian penanaman Pajale. selanjutnya diakhir kegiatan dilakukan evaluasi.

Kirim Tanggapan

Made with passion by Vicky Ezra Imanuel