Skip to main content
Kodam XIV Hasanuddin

Peresmian 3 Satuan Teritorial di Wilayah Kodam Hasanuddin Miliki Manfaat Strategis

Dibaca: 124 Oleh 23 Nov 2022Tidak ada komentar
Peresmian 3 Satuan Teritorial di Wilayah Kodam Hasanuddin Miliki Manfaat Strategis
#TNIAD, #TNIADMengabdiDanMembangunBersamaRakyat

JAKARTA, tniad.mil.id – Pangdam XIV/Hasanuddin Mayjen TNI Totok Imam Santoso, S.I.P., S.Sos., M.Tr (Han). meresmikan dua satuan Koramil, menindaklanjuti pembentukan satu Kodim baru di lingkungan Kodam XIV/Hasanuddin yang diresmikan oleh Wakasad di Mabesad secara virtual, Selasa (22/11/2022).

Peresmian ke tiga satuan teritorial ini dilaksanakan secara virtual oleh Wakasad dari Mabesad dan Pangdam XIV/Hasanuddin dari Konawe Utara.

Ke tiga satuan tersebut yakni Kodim 1430/Konawe Utara, Koramil 1408-13/Rappocini Kodim 1408/Makassar dan Koramil 1412-08/Ranteangin Kodim 1412/Kolaka.

Dalam sambutannya Pangdam mengucapkan selamat dan rasa syukur, atas diresmikannya ketiga satuan Kowil tersebut dengan harapan agar keberadaan satuan Kodim dan Koramil ini dapat meningkatkan kinerja satuan Kodam XIV/Hasanuddin dalam mendukung optimalisasi hubungan TNI dengan rakyat.

“Saya memberi apresiasi kepada Pemda Konawe Utara, Pemkot Makassar dan Pemda Kolaka yang telah memberikan hibah, baik lahan/bangunan Markas Kodim 1430/Konawe Utara, Koramil 1408-13/Rappocini dan Koramil 1412-08/Ranteangin,” ungkapnya.

Pangdam mengatakan peresmian Kodim ini merupakan bagian dari rencana strategis (renstra) Angkatan Darat. Dengan melihat beberapa kemungkinan strategis dan ancaman yang timbul termasuk luas wilayah serta tuntutan yang dihadapi.

“Saya berharap, keberadaan satuan kewilayahan tersebut memiliki manfaat strategis yang diharapkan dapat mendukung optimalisasi komunikasi dan koordinasi wilayah dengan Pemda/Pemkot dan seluruh komponen masyarakat,” tuturnya.

Diungkapkan Pangdam keberadaan satuan Kodim 1430/Konawe Utara, Koramil 1408-13/Rappocini dan Koramil 1412-08/Ranteangin ini diharapkan dapat berkontribusi maksimal dalam menyiagakan kekuatan wilayah, termasuk berkontribusi dalam membantu Pemerintah Daerah guna meningkatkan kesejahteraan masyarakat di wilayah masing-masing.

“Para prajurit supaya mendukung Dandim, kondisi yang ada disyukuri, pelan-pelan walaupun hanya ada dua Koramil dan satu Pos Ramil agar dimaksimalkan. Sebagai prajurit TNI AD supaya memiliki loyalitas tegak lurus, utamakan tugas pokok kita sebagai alat pertahanan negara dalam menjaga potensi geografi, demografi dan kondisi sosial sehingga menjadi kekuatan pertahanan wilayah,” tutupnya.

Turut hadir unsur Forkopimda Provinsi Sulawesi Tenggara, para Pejabat Utama Kodam XIV/Hasanuddin, para unsur Forkopimda Kota Makassar serta para unsur Forkopimda Kabupaten Konawe Utara dan Kabupaten Kolaka. (Dispenad)

Kirim Tanggapan