Skip to main content
Kodam XVIII/Kasuari

Pangdam XVIII/Kasuari Tunjuk Letkol Inf Alexander Eko Setiawan Sebagai Dandim Pertama Pegunungan Arfak

Dibaca: 241 Oleh 23 Nov 2022Tidak ada komentar
Pangdam XVIII/Kasuari Tunjuk Letkol Inf Alexander Eko Setiawan Sebagai Dandim Pertama Pegunungan Arfak
#TNIAD, #TNIADMengabdiDanMembangunBersamaRakyat

JAKARTA, tniad.mil.id – Pangdam XVIII/Kasuari Mayjen TNI Gabriel Lema, S.Sos., menunjuk secara resmi Letkol Inf Alexander Eko Setiawan, S.E., sebagai pejabat Dandim yang pertama Kodim/1812 Pegunungan Arfak, usai peresmian satuan baru Kodim 1812/Pegunungan Arfak (Pegaf) oleh Wakasad Letjen TNI H. Agus Subiyanto, S.E., M.Si, secara virtual di Mabesad, Jakarta, Selasa (22/11/2022).

Peresmian Kodim baru ini berdasarkan Surat Keputusan Kepala Staf Angkatan Darat Nomor 858 tahun 2022 tanggal 20 Oktober 2022 tentang penataan satuan dan pembentukan satuan baru jajaran TNI AD, ditindaklanjuti dengan pelaksanaan alih kodal satuan jajaran Kodim 1801/Manokwari kepada Kodim yang baru yaitu Kodim/1812 Pegunungan Arfak dan juga sekaligus pelantikan pejabat Komandan Kodim (Dandim) 1812/Pegunungan Arfak.

Mayjen Gabriel Lema mengungkapkan bahwa sejak satuan jajaran Kodam XVIII/Kasuari ada, masyarakat sudah memberikan suatu kepercayaan yang lebih.

“Kami perlu mengucapkan terima kasih kepada seluruh pihak dan masyarakat Kabupaten Pegaf yang telah membantu berdirinya satuan baru Kodim 1812/Pegaf. Berdasarkan kepentingan dan kebutuhan masyarakat itu sendirilah dari tiga Koramil yang selama ini masih menginduk di bawah Kodim 1801/Manokwari lewat Peraturan Kepala Staf TNI Angkatan Darat sudah ditingkatkan statusnya menjadi satu satuan yaitu Kodim 1812/Pegunungan Arfak, di bawah Korem 182/JO,” ucapnya.

Menurutnya ini merupakan suatu kebersamaan wujud dari kemanunggalan TNI-Rakyat yang selama ini tanpa terasa terus menunjukkan suatu progres yang baik dalam rangka untuk mengawal dan menjaga Negara Kesatuan Republik Indonesia serta memastikan perlindungan terhadap masyarakat.

“Selain itu tentunya terus membantu percepatan pembangunan di seluruh wilayah Republik Indonesia termasuk di Kabupaten Pegunungan Arfak ini,”imbuhnya

Di samping itu, lanjut Pangdam, dengan kebutuhan dan kepentingan masyarakat itu sendiri dengan kehadiran Kodim, ia berharap ke depannya secara bangsa dan negara terkhusus di Kabupaten Pegunungan Arfak ini akan semakin mengalami suatu progres perkembangan yang terus membaik seperti yang diharapkan bersama.

“Oleh karena itu, kepada pejabat Komandan Kodim yang baru, saya perintahkan untuk segera lakukan orientasi dengan tugas yang baru, kenali wilayah tugas dan tanggungjawabnya di mana Pegunungan Arfak ini terstruktur Kabupatennya dalam 10 Distrik dan 166 Kampung dan kemungkinan masih terus akan berkembang, oleh karena itu segera mengorientasi dan menata kembali organisasi yang ada di bawah Kodim karena yang sekarang masih 3 Koramil,”tegas Pangdam.

“Tentunya dengan perkembangan ke depannya dengan struktur Pemerintahan yang ada terus untuk dikembangkan dalam satuan-satuan Koramil di wilayah Kabupaten Pegunungan Arfak. Pastikan bahwa keberadaan Kodim dan seluruh perangkatnya serta para prajuritnya akan membawa suatu dampak yang positif aman dan lebih jauh daripada itu mantapkan terus kolaborasi, sinergitas, kebersamaan dengan semua komponen stakeholder dengan seluruh masyarakat Kabupaten Pegaf,” pungkasnya.

Turut hadir dalam kegiatan ini, Para pejabat Kodam XVIII/Kasuari, Danrem 182/JO, Dandim 1801/Manokwari, Dandim Persiapan 1812/Pegunungan Arfak, Kapolres Pegunungan Arfak, unsur Forkopimda Kabupaten Pegaf, Ketua Persit KCK Daerah XVIII/Kasuari beserta pengurus, para Tokoh Adat, Tokoh Masyarakat, Agama dan Pemuda serta masyarakat yang ada di wilayah Pegaf. (Dispenad)

Kirim Tanggapan