Satgas Pamtas

Peringati Hari Juang TNI AD, Satgas Yonif 407/PK Gelar Pengobatan Door to Door

Dibaca: 10 Oleh 16 Des 2020Tidak ada komentar
Peringati Hari Juang TNI AD, Satgas Yonif 407/PK Gelar Pengobatan Door to Door
#TNIAD, #TNIADMengabdiDanMembangunBersamaRakyat

JAKARTA, tniad.mil.id – Dalam rangka memperingati Hari Juang TNI AD pada 15 Desember 2020 kemarin, Pos Kotis Satgas Pamtas RI-Malaysia Yonif 407/Padmakusuma menggelar kegiatan pengobatan gratis door to door di Dusun Bakul, Desa Labian Iraang, Kecamatan Batang Lumpar.

Hal tersebut disampaikan Dansatgas Yonif 407/PK, Letkol Inf Catur Irawan dalam keterangan tertulisnya di Pos Kotis Nanga Badau, Kabupaten Kapuas Hulu, Kalimantan Barat, Rabu (16/12/2020).

Diungkapkan Dansatgas, pengobatan door to door yang dilaksanakan Pos Kotis Satgas ini bertujuan untuk menjaga hubungan baik dengan masyarakat sebagai bentuk kepedulian untuk membantu mengatasi kesulitan warga terkait dengan masalah kesehatan khususnya di Dusun Bakul.

“Ditambah lagi masyarakat yang sakit kebanyakan enggan untuk berobat di Puskesmas, sehingga kita jemput bola langsung mendatangi warga dari rumah ke rumah,” ujarnya.

Catur Irawan menjelaskan, selain bertugas menjaga pengamanan perbatasan, Satgas juga melaksanakan tugas-tugas lain diantaranya Pembinaan Teritorial (Binter) kepada masyarakat perbatasan.

“Jadi pengobatan yang kita gelar ini untuk meningkatkan mutu kesehatan warga, sekaligus menjalin hubungan silaturahmi antara personel Satgas dengan masyarakat perbatasan,” jelasnya.

Di tempat terpisah, Dokter Satgas Yonif 407/PK Letda Ckm dr Bambang Irwansyah mengatakan bahwa kegiatan yang dipimpinnya bersama 4 orang anggota Satgas memberikan pelayanan kepada warga.

Peringati Hari Juang TNI AD, Satgas Yonif 407/PK Gelar Pengobatan Door to Door

“Adapun penyakit yang diderita masyarakat diantaranya sakit kepala, flu, batuk, asam urat, penyakit kulit, dan lain sebagainya,” sambungnya.

Lebih lanjut dikatakan, pengobatan yang dilaksanakan merupakan salah satu wujud nyata kepedulian TNI dalam membantu kesulitan masyarakat di perbatasan.

“Dengan kegiatan ini diharapkan akan dapat membantu meringankan beban bagi warga yang membutuhkan terutama dalam masalah kesehatan,” sambung Bambang.

Kegiatan pengobatan yang digelar di Dusun Bakul ini urai Bambang, merupakan program Satgas yang dilaksanakan secara rutin dan berkesinambungan dengan sasaran masyarakat perbatasan yang membutuhkan pelayanan kesehatan.

“Ini kita lakukan untuk mewujudkan kesejahteraan masyarakat di bidang kesehatan, dengan demikian melalui kegiatan ini diharapkan akan dapat memperkokoh kemanunggalan TNI dengan rakyat,” tuturnya.

Sementara itu, Yosep (47) salah satu warga Dusun Bakul yang mendapatkan pelayanan kesehatan mengucapkan rasa terima kasihnya kepada Tim Kesehatan Pos Kotis Satgas pamtas Yonif 407/PK yang peduli dan perhatian terhadap keadaan masyarakat yang kesulitan mendapatkan pelayanan kesehatan.

“Kami bersyukur atas pelayanan kesehatan ini, selain didatangi, warga pun tidak dipungut biaya dalam memeriksakan kesehatannya, dan ini sungguh meringankan beban masyarakat,” pungkasnya. (Dispenad)

Terkait

Kirim Tanggapan

Made with passion by Vicky Ezra Imanuel