Skip to main content
Badan Pelaksana Pusat

Peringati HUT ke-63 Penerbad, Puspenerbad Gelar Pameran Alutsista dan Bakti TNI

Dibaca: 224 Oleh 14 Nov 2022Tidak ada komentar
Peringati HUT ke-63 Penerbad, Puspenerbad Gelar Pameran Alutsista dan Bakti TNI
#TNIAD, #TNIADMengabdiDanMembangunBersamaRakyat

Jakarta, tniad.mil.id – Komandan Pusat Penerbangan TNI Angkatan Darat (Danpuspenerbad) Mayjen TNI Dwi Wahyu Winarto, S.I.P., M.M., M.Tr (Han)., secara resmi membuka Pameran Alutsista dan Bakti TNI dalam rangka memperingati Hari Ulang Tahun (HUT) Penerbad ke-63 tahun 2022, bertempat di GOR Goentoer Darjono, Kec. Purbalingga, Kab. Purbalingga, Jawa Tengah, Minggu (13/11/2022).

Dalam keterangan tertulis Penerangan Puspenerbad, tema yang diusung pada peringatan HUT Penerbad ke-63 tahun ini yaitu “Penerbad adalah Tulang Punggung TNI AD yang Dicintai Rakyat serta Menjunjung Tinggi Keselamatan Terbang dan Kerja Nomor 1.”

Adapun Alutsista yang dipamerkan terdiri dari Helikopter HA 64E Aphace, Bell 412, MI-17 V5, kendaraan tempur (Ranpur) P6 Atav, APS-3 Anoa, Tarantula, kendaraan tempur anti pertahanan udara Star Treak MMS, kedaraan Nubika.

Beberapa varian senjata berat juga turut dipamerkan, seperti Meriam 105/Tarik, SMB 12,7mm, dan senjata ringan, SMS, SS1 V1, serta berbagai macam jenis pistol serta perlengkapan Militer lainnya. termasuk pameran produk kuliner Persit KCK Kodam IV/Diponegoro dan Persit KCK Cabang XXV Puspenerbad dan UMKM Masyarakat Purbalingga.

Mengawali sambutannya Danpuspenerbad mengucapkan selamat ulang tahun dan selamat berbahagia kepada segenap Prajurit Wira Amur dimanapun bertugas dan berada disertai ucapan terimakasih atas pelaksanaan tugas, pengabdian dan dedikasinya selama kurun waktu setahun dalam membesarkan dan memajukan, serta meningkatkan citra Penerbad di tengah masyarakat.

“Terima kasih kepada seluruh panitia dan unsur yang membantu dalam penyiapan pelenggaraan rangkaian kegiatan pembukaan Pameran dalam rangka HUT Penerbad ke 63 tahun 2022, dan memanjatkan doa semoga semua jerih payahnya menjadi amal sholeh di sisi Allah SWT,” katanya.

Dijelaskan Danpuspenerbad, pemilihan Purbalingga sebagai tempat kegiatan peringatan HUT Penerbad ke-63 tahun 2022 ini karena Purbalingga mempunyai sejarah perjuangan kemerdekaan RI dimana Jendera Besar Soedirman lahir di Rembang Purbalingga. Terlebih dua tahun belakangan ini tidak dirayakan akibat Pandemi Covid-19 yang melanda dunia termasuk Indonesia, sehingga memasuki usianya ke-63 tahun tepatnya pada 14 November 2022, perayaan HUT Penerbad terpusat dilaksanakan di Kabupaten Purbalingga.

“Harapannya masyarakat Purbalingga dan khususnya generasi muda mengetahui sejarah besar bangsa Indonesia dan lebih mengenal pahlawan nasional Jenderal Soedirman,” imbuhnya.

Selain menggelar Pameran Alutsista pada HUT Penerbad ke-63 tahun 2022, juga dilaksanakan Bakti TNI berupa Rehab Rumah Tidak Layak Huni (RTLH) sebanyak 3 unit rumah dan pelaksanaan Jambanisasi sebanyak 61 titik di 11 Kecamatan serta perbaikan 3 unit rumah ibadah yang terdiri dari Musholla, Gereja dan Klenteng.

Kemudian pemberian santunan kepada 1000 anak yatim serta penyaluran bantuan sosial 1000 paket sembako kepada masyarakat kurang mampu termasuk donor darah sebanyak 200 kantong darah dan pengobatan gratis untuk 350 orang dan penanganan 30 anak stunting yang dilaksanakan di GOR Goentoer Darjono dan di Museum Tempat Lahir (MTL) Jenderal Besar Soedirman, Kabupaten Purbalingga, serta memberangkatkan anggota jajaran Puspenerbad untuk umroh ke tanah suci.

Lebih lanjut dirinya berharap, melalui tema yang diusung kali ini bisa menjadi pemicu semangat Prajurit Wira Amur untuk selalu berbuat yang terbaik dan menyadari bahwa Penerbad sangat dicintai oleh rakyat dan siap berkorban untuk rakyat dengan tetap mengutamakan faktor keselamatan terbang dan kerja dimanapun bertugas dan berada.

Turut hadir dalam acara ini diantaranya Wadanpuspenerbad Brigjen TNI A. Yudi Hartono, Irpuspenerbad, Dircab, Dirum, Para Direktur Pembina, Pamen Ahli, Para Kasubdit dan Kapen Puspenerbad serta para jajaran Dansatker Puspenerbad. Pangdam IV/Dip atau yang mewakili, Danrem 071/Wijayakusuma dan Para Dandim, Bupati Purbalinga Dyah Hayuning Pratiwi (Tiwi) dan unsur Forkompinda, Ketau DPRD Purbalingga serta para undangan lainnya. (Dispenad).

Kirim Tanggapan