Kodam XIV Hassanudin

Peringati HUT Kodam XIV/Hasanuddin, Pecahkan Rekor MURI Tanam Lontara

Dibaca: 84 Oleh 18 Mei 2017Januari 19th, 2018Tidak ada komentar
#TNIAD, #TNIADMengabdiDanMembangunBersamaRakyat

TNI AD – Makassar. Siwalan yang juga dikenal dengan nama pohon Lontara atau Tal (Borassus Fla Bellifer) adalah sejenis palma yang tumbuh di Asia Selatan dan Asia Tenggara. Pohon ini menjadi flora identitas Provinsi Sulawesi Selatan, termasuk secara filosofi telah menjadi simbol atau lambang Kodam XIV/Hasanuddin. Pohon Lontara banyak dimanfaatkan daunnya, batangnya, buah hingga bunganya untuk membuat gula aren. Jaman dulu daun lontara digunakan sebagai media penulisan naskah.

Dengan filosofi diatas maka perayaan HUT ke-60 Kodam XIV/Hasanuddin, akan melakukan penanaman serentak pohon Lontara pada Jumat 26 Mei 2017 di seluruh wilayah Kodam XIV/Hasanuddin Sulawesi Selatan, Sulawesi Barat dan Sulawesi Tenggara sebanyak kurang lebih 14.406 pohon.

“Penanaman pohon Lontara secara masif yaitu satu Prajurit satu pohon Lontara. Selain membantu program pemerintah dalam mempertahankan kearifan lokal dan identitas daerah, termasuk melestarikan pohon Lontara, maka kegiatan ini dilakukan juga sebagai penghijauan dilahan satuan jajaran Kodam XIV/Hasanuddin. Tak kalah pentingnya, merupakan sarana perekat hubungan batin Prajurit dengan rakyat” Tegas Pangdam XIV/Hasanuddin Mayjen TNI Agus SB.

Menurut Perwira Ahli Pangdam bidang Hukum dan Humaniter Kolonel Inf Andi Suyuti sebagai koordinator pelaksanaan penanaman, bahwa penanaman pohon Lontara ini diharapkan akan tercatat dalam Rekor Muri, mengingat baru pertama kali dilakukan penanaman pohon Lontara sebanyak itu di seluruh Wilayah Kodam XIV/Hasanuddin.

Terkait

Kirim Tanggapan

Made with passion by Vicky Ezra Imanuel