Satgas Pamtas

Personel Pos Salang Satgas Yonif 623 Jalani Pemeriksaan Penyakit Menular HIV/AIDS

Dibaca: 40 Oleh 28 Jun 2020Juni 30th, 2020Tidak ada komentar
Personel Pos Salang Satgas Yonif 623 Jalani Pemeriksaan Penyakit Menular HIV/AIDS
#TNIAD, #TNIADMengabdiDanMembangunBersamaRakyat

JAKARTA, tniad.mil.id – Personel Pos Salang Satgas Yonif 623/BWU menjalani pemeriksaan penyakit menular HIV/AIDS, serta penyuluhan dan konseling yang diberikan oleh Puskesmas Sanur.

Hal tersebut disampaikan Dansatgas Yonif 623/WBU, Letkol Inf Yordania, S.I.P., M.Si., dalam rilis tertulisnya di Kabupaten Nunukan, Kalimantan Utara, Minggu (28/6/2020).

Diungkapkan Dansatgas, pemeriksaan penyakit menular HIV/AIDS serta sosialisasi yang digelar di Desa Salang, Kecamatan Tylin Onsoi, Sabtu (26/6/2020), terlaksana berkat kerja sama dengan Puskesmas Sanur, Kecamatan Sebuku.

“Kami berterima kasih kepada Puskesmas Sanur yang memfasilitasi kegiatan yang meliputi penyuluhan, konseling serta pemeriksaan secara gratis ini,” ujarnya.

Lebih lanjut dikatakan, kegiatan ini begitu penting agar para prajurit memiliki bekal sekaligus pengetahuan tentang penyakit menular, dan yang lebih penting ke depannya dapat memberikan sosialisasi juga kepada warga di wilayah perbatasan.

“Karena tugas Satgas di perbatasan, selain menjaga patok batas wilayah juga memberikan edukasi pentingnya menjaga kesehatan,” jelasnya.

Personel Pos Salang Satgas Yonif 623 Jalani Pemeriksaan Penyakit Menular HIV/AIDS

Di tempat terpisah, Koordinator Pemeriksaan, Tata menuturkan bahwa kegiatan bertujuan memberikan edukasi kepada personel Satgas maupun mengenai penyebaran virus ini.

Baca juga:  Alami Luka dan Sakit, 3 Warga Papua Diobati Satgas Yonif 509

“Selain itu, kami juga ingin menginformasikan bahwa HIV/AIDS ini memang berbahaya serta menunjukkan proses penyebarannya seperti apa. Diharapkan dengan informasi ini, anggota Satgas dapat melakukan tindakan preventif dan tidak melakukan kegiatan yang memunculkan resiko penularan HIV/AIDS ini,” sambungnya.

Sementara itu, Ibu Bunda Raya selaku Bidan Terampil HIV/ AIDS dari Puskesmas Sanur menyampaikan materi mengenai Infeksi Menular Seksual dan juga HIV/ AIDS.

Menurutnya, dalam lingkup kerja Puskesmas Sanur, setiap tahunnya pasti ada kasus mengenai HIV/AIDS. Sangat disayangkan sekali, penderitanya merupakan orang-orang yang termasuk usia produktif, usia 18-45 tahun.

“Hampir semua kasus tersebut, orang yang tahu statusnya kebanyakan tidak sadar akan menjaga kesehatan seksual, sehingga ketika sudah mengalami beberapa gangguan di tubuhnya, status sudah meningkat ke tingkat yang lebih parah yaitu AIDS,” tandasnya.

Adapun Ibu Maurel selaku Ketua UKM mengungkapkan bahwa kegiatan ini merupakan program kerja setiap tahun Dinas Kesehatan Puskesmas Sanur dalam rangka pemeriksaan kesehatan satuan yang melaksanakan pengamanan perbatasan untuk mengetahui sejauh mana tingkat kesehatan anggota Pos Salang serta terdatanya penyakit dan solusi pengamanan.

Baca juga:  Patroli Sahur Satgas Yonif 713, Jamin Papua Aman

“Kami juga berkewajiban memberi pelayanan kepada anggota agar kesehatannya juga senantiasa terpelihara dengan baik dalam menunjang tugas pokoknya,” tutur Maurel.

Dari hasil kegiatan pemeriksaan yang dilakukan Puskesmas Sanur terhadap personel Pos Salang tidak ditemukan anggota yang terkena penyakit menular HIV/AIDS.

Personel Pos Salang Satgas Yonif 623 Jalani Pemeriksaan Penyakit Menular HIV/AIDS

Di akhir kegiatan, Danpos Salang, Letda Inf Edi Sukatman mengucapkan terima kasih kepada Puskesmas Sanur yang telah memberikan pemeriksaan penyakit menular dan sosialiasi akan bahaya penyakit seksual. (Dispenad)

Terkait

Kirim Tanggapan

Made with passion by Vicky Ezra Imanuel