Satgas Pamtas

Personel Satgas Yonif 144/JY Nugal Padi Bersama Warga Perbatasan

Dibaca: 4 Oleh 19 Sep 2021Tidak ada komentar
Personel Satgas Yonif 144/JY Nugal Padi Bersama Warga Perbatasan
#TNIAD, #TNIADMengabdiDanMembangunBersamaRakyat

JAKARTA, tniad.mil.id – Personel Satgas Pamtas RI-Malaysia Yonif 144/JY melaksanakan Nugal Padi bersama warga Dayak Iban di Desa Langau Kecamatan Puring Kencana Kabupaten Kapuas Hulu, Kalimantan Barat.

Hal ini disampaikan Dansatgas Pamtas RI-Malaysia Letkol Inf Andri Suratman dalam keterangan tertulisnya di Pos Kotis Badau, Minggu (19/9/2021)

Dijelaskannya, memasuki bulan September warga Dayak iban melaksanakan Nugal Padi di sawah yang sudah dibersihkan, Nugal ini dengan cara menanam padi yang dilubangi dengan tongkat yang telah diruncingkan selanjutnya dimasukan benih padi secukupnya.

“Seperti yang dilakukan oleh anggota Satgas Kami Pos Langau 1 membantu warga Dayak Iban yang melaksanakan Nugal Padi. Kegiatan ini menjadi tradisi Suku Dayak dengan cara gotong-royong antar petani yang berladang.

Pada kegiatan Nugal ini, merupakan budaya dan semangat kerja sama antar petani terlihat begitu erat dan kental.

Personel Satgas Yonif 144/JY Nugal Padi Bersama Warga Perbatasan

“Sehingga dapat dijadikan sarana untuk meningkatkan dan memelihara rasa kebersamaan dan kekeluargaan bersama Anggota Satgas, terutama dalam membantu mengatasi kesulitan-kesulitan rakyat dihadapi masyarakat”, ucapan nya.

Salah satu warga Dayak Iban, Ubay, merasa senang dan bangga karena personel Satgas yang bersedia datang untuk diundang Nugal bersama di ladang.

“Terima kasih banyak atas bantuan dari bapak-bapak Satgas, selain mempercepat penanaman benih padi, juga memberikan semangat yang luar biasa bagi warga kami, ” ungkapnya.

Serda Dedi Bustamil bersama personel lainnya dari SSK II Pos Langau 1, saling bekerja sama dengan warga Dayak dalam kegiatan Nugal, mulai dari menancapkan tongkat ke tanah sampai memasukkan benih padi ke dalam loban.

“Harapannya semoga padi yang ditanam dapat panen yang berlimpah, ” pungkasnya.

Kegiatan ini berjalan dengan lancar, serta terus mengimbau masyarakat untuk mematuhi protokol kesehatan. (Dispenad)

Terkait

Kirim Tanggapan

Made with passion by Vicky Ezra Imanuel