Kodam IV/Diponegoro

Pola Tanam Jajar Legowo

Dibaca: 45 Oleh 31 Mar 2016Tidak ada komentar
#TNIAD, #TNIADMengabdiDanMembangunBersamaRakyat

Bintara Pembina Desa Pagergunung Komando Rayon Militer 07/Ngablak Kodim 0705/Magelang, Serda Anfro Mustofa beberapa hari lalu melaksanakan pendampingan dan membantu Kelompok Tani Sedyo Luhur menanam padi saat musim tanam di Desa Pagergunung Kecamatan Ngablak, Kabupaten Magelang.

Kegiatan pendampingan yang dilaksanakan oleh babinsa ini merupakan tindaklanjut dari penekanan dan arahan Danramil 07 Ngablak Kodim 0705/Magelang Kapten Inf Untung Harjanto.

“Babinsa bersama petugas penyuluh lapangan (PPL) mendampingi petani menanam padi karena saat ini musim hujan bertepatan dengan masa tanam sebagian areal sawah” kata Danramil.

Ia mengatakan petani perlu mendapat motivasi dengan pendampingan terkait pola tanam yang menggunakan “jajar legowo” dengan harapan tingkat pertumbuhan rumpun padi nantinya akan banyak dan meningkatkan produktivitas panen.

Menurutnya, tidak semua petani memahami dan setuju terhadap pola “jajar legowo”, tetapi berdasarkan teori ahli, sistem tersebut mampu meningkatkan produktivitas sekitar 30 persen per hektarnya.

“Salah satu upaya kita bersama UPT Pertanian dan PPL dalam rangka memotifasi petani yaitu  berupaya mengoptimalkan lahan percontohan (demplot) dengan pola tanam (jarwo) dan terbukti tingkat pertumbuhan dan hasil panen di lahan tersebut meningkat siknifikan.

Sementara itu Paijan, salah seorang petani yang lahannya dijadikan lokasi pendampingan menyampaikan terima kasih atas peran serta anggota TNI dalam pendampingan.

“Dengan adanya keterlibatan TNI melalui Babinsa tentunya memberikan motivasi tersendiri bagi para petani,” tuturnya.

Ia berharap pendampingan Babinsa dilakukan secara kontinyu dan berkesinambungan, sehingga diharapkan TNI selalu dapat membantu petani yang membutuhkan pendampingan,imbuhnya. (hombing)

Terkait

Kirim Tanggapan

Made with passion by Vicky Ezra Imanuel