Skip to main content
Kodam IX/Udayana

Presiden Kunker ke Pura Agung Besakih dan TPST Kesiman, Pangdam Yakinkan Pam VVIP Berjalan Aman

Dibaca: 99 Oleh 13 Mar 2023Tidak ada komentar
Presiden Kunker ke Pura Agung Besakih dan TPST Kesiman, Pangdam Yakinkan Pam VVIP Berjalan Aman
#TNIAD #TNIADMengabdiDanMembangunBersamaRakyat

JAKARTA, tniad.mil.id – Dalam rangka kunjungan kerja meresmikan fasilitas Kawasan Suci Pura Agung Besakih dan TPST di Kesiman, Presiden RI, Ir. H. Joko Widodo dan Ibu Iriana Joko Widodo bersama rombongan disambut oleh Pangdam IX/Udayana, Gubernur Bali, Kapolda Bali dan undangan lainnya saat tiba di Bandara Internasional I Gusti Ngurah Rai Badung Bali, Senin (13/3/2023).

Sehubungan dengan Kunker Presiden RI di Provinsi Bali tersebut, Pangdam IX/Udayana Mayjen TNI Sonny Aprianto, S.E., M.M., selaku Pangkogasgabpad Pengamanan VVIP wilayah Bali Nusra bersama instansi terkait lainnya terus meyakinkan pengamanan setiap pergerakan obyek VVIP terlaksana sesuai Protap. Sehingga, kehadiran Pangdam di setiap lokasi kegiatan merupakan tanggung jawab dengan jarak dekat secara langsung agar kegiatan benar-benar berjalan aman dan lancar.

Agenda kegiatan Presiden RI pada hari ini diawali dengan meresmikan Kawasan Suci Pura Agung Besakih, Kabupaten Karangasem, yang pembangunannya dimulai sejak tanggal 18 Agustus 2021. Peresmian ditandai dengan pemukulan kentongan dan penandatangan prasasti oleh Presiden RI yang diawali laporan singkat Gubernur Bali dan dilanjutkan sambutan Presiden.

Baca juga:  Tongkat Komando Yonif 742/Swy Diserah Terimakan

Dalam sambutannya, Presiden RI menyampaikan bahwa penataan Kawasan Suci Pura Besakih yang diresmikan pada hari ini merupakan tindak lanjut dari perintah Presiden RI kepada Menteri PUPR bersama Gubernur Bali pada tahun 2021 dengan menggunakan anggran APBN dan APBD Provinsi Bali.

“Adapun penataan kawasan Pura Besakih dilaksanakan di Area Bencingah dan Area Manik Mas dengan membangun berbagai infrastruktur pendukung, dimaksudkan agar masyarakat yang beragama Hindu khususnya semakin nyaman saat melakukan persembahyangan dan Pura Agung Besakih tetap terjaga kesuciannya,” tegas Presiden RI.

Selesai acara di Pura Agung Besakih, Presiden RI bersama rombongan kembali menuju arah Denpasar, untuk melaksanakan peninjauan dan meresmikan Tempat Pengolahan Sampah Terpadu (TPST) Waste Treatment Facility di Kesiman, Denpasar Timur. Tiba di TPST tersebut, Presiden RI disambut oleh Direktur Utama PT. Bali CMPP Bapak Made Wahyu Wiratmaja yang sekaligus memandu Presiden RI dalam melaksanakan peninjauan.

Sebelum meresmikan TPST tersebut, Presiden RI dalam sambutannya mengatakan bahwa Tempat Pengolahan Sampah Terpadu ini merupakan pengolahan sampah dengan sebuah sistem yang baik dan tidak ruwet. Presiden RI ingin TPST ini ditiru oleh kota lain, sehingga sampah tidak menjadi masalah lagi. Pihaknya berharap agar ini menjadi inspirasi bagi kota dan kabupaten lain yang ada di Indonesia.

Baca juga:  Ditinjau Pangdam IX/Udayana, Miniatur Program Unggulan Binter TNI AD Diharapkan Dapat Bermanfaat untuk Masyarakat

Selesai kegiatan kunjungan kerja di wilayah Bali, Presiden RI beserta Ibu Hj. Iriana Joko Widodo dan rombongan dengan menggunakan Pesawat Khusus Kepresidenan A-001/B-737-8/BBJ2 bertolak menuju Bandara Komodo, Labuan Bajo, Nusa Tenggara Timur. (Dispenad)

Kirim Tanggapan

made with passion and dedication by Vicky Ezra Imanuel