Skip to main content
Kodam I/Bukit Barisan

Program Ketahanan Pangan Kodim 0303/Bengkalis Bukti Nyata Kontribusi TNI AD Atasi Kesulitan Rakyat

Dibaca: 70 Oleh 21 Mei 2023Tidak ada komentar
Konsep Otomatis
#TNIAD #TNIADMengabdiDanMembangunBersamaRakyat

JAKARTA, tniad.mil.id – Saat melawat ke Kampung Sakai Kecamatan Bathin Solapan, Kabupaten Bengkalis – Riau, Kepala Staf TNI Angkatan Darat (Kasad) Jenderal. TNI. Dr. Dudung Abdurachman berpesan agar Kodim 0303/Bengkalis jajaran Korem 031 Wira Bima meningkatkan eksistensinya dalam program ketahanan pangan (Hanpangan) demi menjaga stabilitas harga bahan pokok sempena tekan Inflasi serta mewujudkan kemandirian pangan.

Pesan Kasad tersebut jadi pemacu Komandan Kodim 0303/Bengkalis, Letkol. Inf Endik Yunia Hermanto untuk terus menggiatkan program ketahanan pangan di wilayahnya.

Dalam keterangan tertulisnya, Sabtu (20/5/2023) dirinya mengatakan, lewat kemanunggalannya bersama masyarakat, Dandim mengerahkan jajaran bersinergi dengan seluruh komponen bangsa, termasuk masyarakat untuk terus menggebrak program Hanpangan dengan menanami berbagai jenis varietas tanaman penghasil pangan seperti Padi, nanas, labu madu, jagung, ubi kayu bahkan ragam jenis sayuran berbasis tanaman hidroponik sebagai wujud nyata dan kontribusi TNI Angkatan Darat dalam mengatasi polemik yang dirasakan masyarakat di bidang ekonomi dan pangan.

Sebagaimana dipaparkan Letkol Endik, pihaknya memang tidak tinggal diam. Segera sekira 10 hektare lahan di Desa Kesumbo Ampai, Kecamatan Bathin Solapan dipersiapkan guna menanam varietas Jagung. Terbukti, seluas 1,5 hektare lahan yang telah ditanami beberapa waktu lalu telah masuki masa panen melimpah dan disambut gembira oleh masyarakat bahkan Forkopimda Bengkalis.

Adapula di Desa Sungai Alam, Kecamatan Bengkalis. Sekira 5 hektar lahan dipersiapkan untuk menanam varietas Ubi Kayu.

“Dan di tempat ini, sekira 3 hektare lahan yang ditanami Ubi Kayu berhasil kita panen. Bersama masyarakat dan Forkopimda Bengkalis kita panen bersama, hasilnya segera kita distribusikan untuk memastikan stok di pasar tetap tersedia dengan harga yang relatif lebih murah dari biasanya. Dengan demikian, daya beli masyarakat tetap terjaga dengan baik,” kata Letkol Endik, Dandim 0303/ Bengkalis.

Di tempat yang sama, turut ditanami varietas nanas menyelingi komoditas ubi kayu seluas 2 hektare. Untuk nanas, sampai saat ini masih menunggu masa panen. Sembari menunggu, prajurit Kodim 0303/Bengkalis secara rutin melakukan perawatan dengan membersihkan rerumputan liar dan gulma yang tumbuh di sekitarnya.

Hasil panen nanas nantinya diharap mampu menambah kekuatan stok pangan di pasaran hingga berdampak pada peningkatan daya beli masyarakat hingga menumbuhkan peluang usaha mikro, kecil dan menengah (UMKM).

Tak sampai disitu saja, pihaknya juga menanam varietas Padi di wilayah Lubuk Gaung, Kecamatan Siak Kecil. Seluas 31 hektar lahan di wilayah itu dimanfaatkan untuk bertanam padi dengan melibatkan Kelompok Tani setempat. Serupa dengan nanas, tanaman padi masih dalam proses perawatan menunggu tibanya masa panen.

“Besar harapan kita hasil panen Padi bisa melimpah ruah, jadi para petani dan masyarakat bisa mendapat manfaat yang banyak mulai dari harga beras yang lebih stabil dan relatif murah, serta meningkatnya taraf hidup masyarakat yang diberdayakan mulai dari proses penyemaian bibit, penanaman benih, perawatan sampai tiba masa panen nantinya,” harap Dandim

“Lahan yang terbatas kami tanam berbagai varietas dengan sistem hydroponik, begitu juga kepada masyarakat kami imbau untuk memanfaatkan lahan di rumahnya dengan cara penanaman hydroponik, sehingga memberikan manfaat ekonomis bagi warga, ” pungkasnya. (Dispenad)

Kirim Tanggapan

made with passion and dedication by Vicky Ezra Imanuel