Skip to main content
Kodam XVI/Pattimura

Puasa Tidak Halangi Anggota Kodim 1501/Ternate Berbuat Untuk Kemanusiaan

Dibaca: 23 Oleh 20 Apr 2023Tidak ada komentar
Puasa Tidak Halangi Anggota Kodim 1501/Ternate Berbuat Untuk Kemanusiaan
#TNIAD #TNIADMengabdiDanMembangunBersamaRakyat

JAKARTA, tniad.mil.id – Puasa Ramadhan tidak mengendorkan semangat¬† Anggota Koramil 1501-03/Jailolo Kodim 1501/Ternate untuk terlibat dalam aksi kemanusiaan donor darah yang diselenggarakan oleh Majelis Ta’lim Habib Abubakar Al Attas Az Zabidi dengan PMI Kabupaten Halmahera Barat di Villa Gaba, Desa Guemaadu, Kecamatan Jailolo, Kabupaten Halmahera Barat. Rabu, (19/4/2023).

Aksi Kemanusiaan donor darah ini bertujuan untuk menambah jumlah stok darah di PMI Kabupaten Halbar jelang hari raya Idul Fitri sehingga dapat digunakan oleh orang yang membutuhkan tranfusi darah. Terkait dengan pelaksanaan donor saat berpuasa tidak ada larangan dalam syariat agama Islam bahkan dianjurkan dalam rangka untuk menolong orang lain yang membutuhkan, namun dalam pelaksanaannya bila memungkinkan dilakukan pada malam hari setelah berbuka. Hal ini untuk menghindari dehidrasi yang memungkinkan terjadi.

Danramil 1501-03/Jailolo Lettu Inf Yofano mengatakan, pihaknya selalu siap membantu siapa saja yang membutuhkan transfusi darah selama anggota dalam kondisi sehat dan memenuhi syarat pasti tidak akan keberatan mendonorkan darahnya. Bahkan rata rata anggota Koramil merupakan peserta donor darah aktif yang mendonorkan darahnya secara berkala.

“Berbagi kepada sesama tidak hanya dengan memberikan bantuan berupa harta maupun benda, dengan melaksanakan donor darah seperti saat ini dapat juga membantu sesama yang membutuhkan apalagi ini dibulan yang penuh dengan berkah Ramadhan, karena setetes darah adalah nyawa bagi mereka yang membutuhkan,” pungkas Danramil. (Dispenad)

Kirim Tanggapan

made with passion and dedication by Vicky Ezra Imanuel