Kodam I/Bukit Barisan

Rapat Koordinasi Perluasan Lahan Padi

Dibaca: 60 Oleh 06 Jan 2016Tidak ada komentar
#TNIAD, #TNIADMengabdiDanMembangunBersamaRakyat

Komandan Kodim 0309/Solok Letkol Inf Safta Feryansyah, S.I.P. memimpin rapat koordinasi perluasan lahan padi wilayah Kodim 0309/Solok khususnya Kota dan Kabupaten Solok di Ruang Data Makodim 0309/Solok.

Dalam sambutannya, Letkol Inf Safta Feryansyah berharap agar pelaksanaan kegiatan pertanian dapat dilaksanakan secara terpadu antara dinas pertanian dan TNI sebagai pendamping sehingga hasil produksi tanaman padi dapat ditingkatkan.

Rapat koordinasi dihadiri oleh Ketua BPTP Sumbar DR. Hardianto beserta 4 pejabat stafnya, Staf Bappeluh Kota Solok Siis, SP.,MN, Staf Bappeluh Kab. Solok Marjulis, S.PKP, pejabat dinas pertanian Kabupaten Solok bidang ketahanan pangan Afrianti, S.P., Yulfitri, S.P dan Saprudin, S.P. serta Zefrizal SPTMT (Kota Solok).

BPS Kota Solok juga menghadirkan Ir. Hilda dan Harnopel Putra, SE. serta koordinator BPP Firman Daus untuk Kecamatan Junjung Sirih dan Osnawati, S.PT, Yuslimar SP untuk Kecamatan Gunung Talang. UPTD yang terkait juga hadir Nuraini, SP (Kec. Kubung), Akmal Batri SPT, M.Si (Kec. Bukit Sundi), Indrawati, SP (Kec. Gunung Talang), Mawardi (Kec. X Koto Singkarak) dan Abas selaku koordinator BP3K di wilayah Kecamatan Kubung

Dandim juga berharap agar para Danramil jajaran Kodim 0309/Solok dapat melaksanakan koordinasi dengan kelompok-kelompok tani yang ada di wilayahnya guna memberikan masukan untuk meningkatkan hasil pertanian.

Dihadapkan dengan luas tanam yang ada saat ini dengan IP 2,77, Indrawati SP menyarankan kepada BPTP Sumbar agar dilaksanakan pembuatan sawah baru di Gunung Talang sehingga luas tanam bertambah.

Dari Kabupaten Solok yang diwakili oleh Saprudin ST menyarankan bahwa untuk pencapaian target luas tanam tidak dapat terpenuhi dihadapkan dengan luas tanam 2.346 Ha yang belum mencapai IP. 3,10 sehingga perlu adanya penambahan lahan pertanian yang baru agar taget dapat dicapai secara optimal.

Ketua BPTP DR. Hardianto mengatakan bahwa pemanfaatan lahan yang sudah ada perlu ditingkatkan dan laksanakan koordinasi dengan petugas kami di lapangan secara intensif. Sementara untuk penambahan lahan pertanian, kita akan koordinasikan ke Kementerian Pertanian RI, hasilnya nanti akan disosialisasikan kepada instansi terkait.

Kirim Tanggapan

Made with passion by Vicky Ezra Imanuel