Kodam XVII/Cenderawasih

Saka Wira Kartika Memberikan Manfaat Yang Besar Kepada Generasi Muda

Dibaca: 7298 Oleh 16 Jun 2014Tidak ada komentar
#TNIAD, #TNIADMengabdiDanMembangunBersamaRakyat

Pangdam XVII/Cenderawasih Mayjen TNI Drs. Christian Zebua, M.M melepas Kontingen Saka Wira Kartika dalam rangka kegiatan perkemahan tingkat Nasional yang akan dilaksanakan pada tanggal 17 s/d 20 Juni 2014 di Cibubur  pada Kamis 12 Juni 2014 bertempat di Aula Serba Guna Rindam XVII/Cenderawasih. Kontingen Saka Wira Kartika Kodam XVII/Cenderawasih terdiri dari 16 peserta yang terdiri dari 8 orang Putra dan 8 orang Putri.

Dalam sambutanya Pangdam menyampaikan bahwa melalui kegiatan Saka Wira Kartika tingkat Nasional para peserta mampu menumbuh kembangkan Sumber Daya Manusia (SDM) dan pemikiran yang baik karena mereka adalah calon pemimpin di masa depan serta harus bisa menunjukan Kontingen dari Papua tidak seperti apa yang dibayangkan. Adanya berbagai macam Budaya dan keaneka ragaman seni diharapkan kepada pemuda/pemudi Papua  setelah kembali dari Cibubur bisa mampu mengembangkan serta menyampaikan pengalaman yang telah didapat.

Kegiatan Saka Wira Kartika ini bertujuan untuk memberikan pengetahuan tentang disiplin, sosial kemasyarakatan dan juga bela Negara kepada generasi muda khususnya yang tergabung dalam gerakan Pramuka. Satuan Karya Wira Kartika merupakan bagian integral dari Gerakan Pramuka dan jajaran Kwartir Gerakan Pramuka yang merupakan wadah pendidikan guna menyalurkan minat, mengembangkan bakat dan meningkatkan pengetahuan, kemampuan ketrampilan dan pengalaman Pramuka Penegak dan Pramuka Pandega dalam berbagai bidang kejuruan/teknologi, serta memotivasi mereka untuk melaksanakan kegiatan karya nyata dan produktif sehingga dapat memberi bekal bagi kehidupan dan pengabdiannya kepada masyarakat, bangsa dan negara, sesuai dengan aspirasi pemuda Indonesia dan tuntutan perkembangan pembangunan dalam rangka peningkatan ketahanan Nasional. Keberadaan dan kegiatan operasional dari Saka Wira Kartika sebagai kepanjangan proses pendidikan progresif sepanjang hayat Kepramukaan yang berlandaskan pada Anggaran Dasar dan Anggaran Rumah Tangga Gerakan Pramuka.

Dalam pengembangan gerakan Pramuka TNI AD telah melakukan kerjasama dengan Kwartir Nasional Pramuka sejak tahun 2007. Dengan terbentuknya Saka Wira Kartika yang merupakan kegiatan Kepramukaan dengan menekankan kepada 5 (lima) Krida (keterampilan) yaitu  pioner, mountenering, survival, navigasi darat dan bencana alam.  Kepada seluruh anggota Saka Wira Kartika diharapkan mahir dalam kemampuan tiap krida tersebut sehingga dapat mengimplementasikan kemampuannya tersebut dalam kehidupan sehari hari.

Kirim Tanggapan

Made with passion by Vicky Ezra Imanuel