Berita Satuan

Satgas Pamtas Yonif 623/BWU Beri Layanan Kesehatan Bagi Warga di Ujung Kaltara

Dibaca: 45 Oleh 17 Sep 2020Tidak ada komentar
Satgas Pamtas Yonif 623/BWU Beri Layanan Kesehatan Bagi Warga di Ujung Kaltara
#TNIAD, #TNIADMengabdiDanMembangunBersamaRakyat

JAKARTA, tniad.mil.id – Demi memenuhi kebutuhan kesehatan warga perbatasan RI-Malaysia yang berada di ujung Provinsi Kalimantan Utara (Kaltara), tim kesehatan Pos Long Midang Satgas Pamtas Yonif Sektor Timur memberikan layanan kesehatan bagi warga Krayan.

Hal tersebut disampaikan Dansatgas Pamtas RI-Malaysia Yonif 623/BWU, Letkol Inf Yordania S.I.P., M.Si., dalam rilis tertulisnya di Nunukan, Kamis (17/9/2020).

Dijelaskan Yordania, layanan kesehatan bagi warga Indonesia di perbatasan, sebagai bentuk kepedulian dan keberadaan negara dalam mengayomi rakyatnya yang berbatasan dengan negara tetangga.

“Mengingat masih dalam situasi pandemi Covid-19 ini, warga perbatasan di daerah Krayan tidak ada akses ke negara tetangga, sehingga masyarakat bergantung kepada distribusi dari Nunukan dan Tarakan lewat transportasi udara yang menyebabkan barang-barang kebutuhan pokok sangat mahal termasuk obat-obatan,” jelas Dansatgas.

Lebih lanjut Dansatgas mengatakan bahwa kegiatan pelayanan kesehatan kepada masyarakat termasuk para lansia di daerah perbatasan sudah dilakukan sejak satuannya melaksanakan tugas termasuk di Desa Binaan Liang Tuer, Krayan.

“Pelayanan kesehatan dilakukan setiap saat, baik pada saat bakti sosial kesehatan di berbagai tempat, mengunjungi masyarakat dari rumah ke rumah, serta membuka pelayanan umum di Mako Satgas bagi masyarakat sekitar yang ingin berobat,” papar Dansatgas.

Selain di Mako Satgas di Nunukan, pelayanan kesehatan juga diberikan oleh pos-pos Satgas yang tersebar di sepanjang perbatasan di Kabupaten Nunukan.

“Pelayanan yang diberikan berupa pemeriksaan kesehatan, pengobatan hingga khitan. Kami berharap melalui kegiatan ini kehadiran Satgas dapat membantu Pemerintah Daerah dalam rangka memberikan pelayanan kesehatan kepada masyarakat hingga ke pelosok wilayah perbatasan Indonesia-Malaysia,” ujar Dansatgas.

Satgas Pamtas Yonif 623/BWU Beri Layanan Kesehatan Bagi Warga di Ujung Kaltara

Untuk diketahui, Kampung Krayan merupakan wilayah paling terluar dari Kalimantan Utara yang berbatasan langsung dengan negara Malaysia. Untuk manjangkau wilayah ini hanya dapat ditempuh dengan alat transportasi udara.

Jefri (56) dan Nosmaima (45) selaku Ketua Posyandu Lansia di Desa Liang Tuer, KecamatanKrayan, Kabupaten Nunukan menyampaikan terima kasih kepada personel Satgas yang telah setia memberikan pelayanan bagi masyarakat.

“Kami mengucapkan terima kasih kepada bapak-bapak TNI atas bantuan yang telah diberikan kepada kami selama ini, keberadaan bapak-bapak dari Satgas sangat membantu warga di sini dalam berbagai kesulitan yang kami rasakan, ” pungkasnya. (Dispenad)

Terkait

Kirim Tanggapan

Made with passion by Vicky Ezra Imanuel