Skip to main content
Satgas Pamtas

Satgas Yonif 131 Bantu Warga Olah Sagu di Papua

Dibaca: 23 Oleh 24 Agu 2021Tidak ada komentar
Satgas Yonif 131 Bantu Warga Olah Sagu di Papua
#TNIAD, #TNIADMengabdiDanMembangunBersamaRakyat

JAKARTA, tniad.mil.id – Satgas Pamtas RI-PNG Yonif 131/Brs membantu masyarakat mengolah bahan makanan pokok berbahan dasar sagu di Kampung Skow Sae Distrik Muara Tami Jayapura.

Wadan Satgas RI-PNG Yonif 131/Brs Mayor Inf Ahmad Muzani CH mengatakan bantuan oleh personel Pos Muara Tami yang dipimpin Danpos Letda Inf Arjunti Harahap tersebut dilakukan sebagai upaya pendampingan dalam memberikan bantuan tenaga dan bimbingan pengolahan sagu yang baik kepada warga Kampung Skouw Sae.

Satgas Yonif 131 Bantu Warga Olah Sagu di Papua

“Wilayah Distrik Muara Tami merupakan daerah yang banyak memiliki sumber alam yang dapat diberdayakan dan dimanfaatkan oleh masyarakat”, ungkap Wadan Satgas dalam rilis tertulis Penerangan Satgas Yonif 131/Brs, Senin (23/4/2021).

Sementara itu, Danpos Muara Tami Letda Inf Arjunti Harahap mengungkapkan kegiatan membantu masyarakat dalam mengolah sagu dari mulai proses pemilihan batang pohon sagu berkualitas yang akan ditebang, proses pemotongan batang sagu, hingga memukul/mencacah batang pohon sagu dengan alat khusus (penokok) dan selanjutnya menyaring batang sagu yang sudah dihaluskan sampai akhirnya menjadi tepung sagu. Pemilihan batang pohon sagu yang berisi tepung sagu ditandai dengan batang pohon sagu yang sudah tua dan mengeluarkan bunga.

Satgas Yonif 131 Bantu Warga Olah Sagu di Papua

“Sagu merupakan salah satu makanan pokok masyarakat Indonesia, terutama di daerah Indonesia bagian timur khususnya Papua, sagu merupakan bahan makanan pokok yang memang memiliki banyak kandungan nutrisi yang baik bagi tubuh”, ujar Danpos.

Petrus Nali (42 Thn) warga Skouw Sae menyampaikan bahwa dengan adanya kegiatan ini dapat membantu meringankan pekerjaannya dalam pengolahan bahan makanan pokok dari batang sagu ini,

Satgas Yonif 131 Bantu Warga Olah Sagu di Papua

“Terima kasih kepada TNI yang sudah memberikan bantuan kepada kami biasanya kami kerjakan sedikit lama sekarang sudah lebih cepat dari sebelumnya,” pungkasnya. (Dispenad)

Terkait

Kirim Tanggapan