Skip to main content
Satgas Pamtas

Satgas Yonkav 10/Mendagiri Terima 1 Pucuk Senpi Rakitan dari Warga

Dibaca: 114 Oleh 30 Nov 2022Tidak ada komentar
Satgas Yonkav 10/Mendagiri Terima 1 Pucuk Senpi Rakitan dari Warga
#TNIAD, #TNIADMengabdiDanMembangunBersamaRakyat

Jakarta, tniad.mil.id – Berkat komunikasi Sosial (Komsos) Satgas Pamtas RI-RDTL Sektor Barat Yonkav 10/Mendagiri melalui Pos Oepoli Pantai menerima satu pucuk senjata rakitan jenis Springfield dari seorang warga Desa Netemmenanu Utara, Kabupaten Kupang, Nusa Tenggara Timur.

Dalam keterangan tertulis Yonkav 10/Mendagiri, pada Rabu (30/11/2022), Danpos Oepoli Pantai Letda Kav Einggihdyanzah Beryuntara S.Tr.(Han)., menyampaikan bahwa sejata api peninggalan era konflik Timor-Timur tersebut didapatkannya saat melakukan komunikasi sosial dengan warga binaannya pada hari Minggu (27/11/2022).

“Saat kegiatan Komsos, ada masyarakat yang menginformasikan kepada personil Pos Oepoli Pantai tentang masih adanya senjata rakitan yang disimpan oleh seorang warga setempat,” ujarnya.

Dari informasi warga yang tidak mau disebut namanya tersebut, akhirnya personil Pos Oepoli Pantai langsung mendatangi rumah warga yang menyimpan senjata rakitan tersebut.

“Setelah kita berikan penjelasan, akhirnya senjata rakitan itu dengan sukarela diserahkan warga kepada Satgas,” tambah Danpos.

Dijelaskannya, sejak referendum Timor-Timur pada 1999 dan kemerdekaannya pada 2002, berdirinya negara Timor-Leste mengakibatkan terbentuknya perbatasan darat yang baru bagi Indonesia. Sehingga tidak sedikit warga Timor-Timur yang memilih untuk menjadi Warga Negara Indonesia dan menetap di wilayah perbatasan dengan membawa senjata yang dipakai selama era konflik Timor-Timur.

“Saya menghimbau kepada seluruh warga masyarakat yang masih menyimpan senjata api rakitan supaya menyerahkan kepada pihak berwajib, karena memiliki senjata api tanpa izin sangat dilarang, serta bisa membahayakan orang lain,” pesannya.

Untuk senjata api tersebut, saat ini sudah kami laporkan dan serahkan ke Mako Satgas Pamtas RI-RDTL Sektor Barat Yonkav 10/Mendagiri di Eban. (Dispenad).

Kirim Tanggapan